Abstract

Penelitian ini berjudul “Internalisasi Prinsip-Prinsip Islam dalam Pelaksanaan Manajemen Humas Dan Kontribusinya dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Pada SMK Negeri 2 Palembang)” bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis  internalisasi prinsip-prinsip Islam dalam pelaksanaan manajemen humas dan kontribusinya dalam meningkatkan reputasi sekolah pada SMK Negeri 2 Palembang.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah  diperiksa keabsahannya, data yang terkumpul lalu dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen humas di SMK Negeri 2 Palembang terdapat internalisasi prinsip-prinsip Islam dalam aktivitas humas. Hal tersebut tercermin pada program kerja humas yang bila dilihat dari perspektif manajemen hal tersebut teraplikasi hanya pada fungsi pelaksanaan (actuating). Karena itu konsep yang dapat peneliti kemukakan sebagai temuan penelitian yaitu public relations mangement based on Islamic principles, maksudnya adalah suatu proses yang terencana dalam rangka penyampaian pesan-pesan keislaman dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam. Maka komunikasi Islam menekankan pada unsur pesan (message), yakni risalah atau nilai-nilai Islam, dan cara (how), dalam hal ini tentang gaya bicara dan penggunaan bahasa(retorika). Kesan-pesan keislaman yang disampaikan dalam komunikasi Islam meliputi seluruh saran Islam, meliputi akidah (iman), syariah (Islam), dan akhlak (ihsan).
Selanjutnya, reputasi sekolah dibangun melalui peran manajemen humas di sekolah. Dari uraian mengenai peran tersebut dapat dipahami bahwa terdapat prinsip ajaran Islam yang terkandung di dalamnya sebagai nilai- nilai luhur yang terinternalisasi dalam  menjalankan peran tersebut. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa kontribusi internalisasi prinsip-prinsip Islam dalam manajemen humas dalam meningkatkan reputasi sekolah di SMK Negeri 2 Palembang cukup besar, hal tersebut dapat dicermati pada beberapa peran Humas, diantaranya yaitu: 1). Peran Humas Sebagai Communicator, yakni adanya upaya untuk melakukan komunikasi yang baik dan benar (Qaulan Sadida, Qaulan Baligha, Qulan Ma’rufa, Qaulan Karima, Qaulan Layinan, dan Qaulan Maysura), 2). Peran Humas Sebagai Pembina Hubungan (Relationship), yakni berupaya menjalin hubungan baik dan harmonis dengan publik (ukhuwah Islamiyah), 3). Peran Humas Sebagai back up management, yakni melakukan mengidentifikasi jika terdapat opini negatif pada sekolah kemudian mengadakan konsolidasi ke dalam atau dibicarakan bersama-sama dengan kepala sekolah dan pihak-pihak terkait untuk meng-cross check kebenarannnya dan setelah itu menjelaskan dan meluruskan opini atau informasi yang berkembang (tabayyun), serta 4). Peran Humas Sebagai Pembentuk Citra (Corporate image), yakni upaya peningkatan kualitas kinerja guru dan karyawan diantaranya dengan cara memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan pada strata dua dan memberikan berbagai pelatihan serta mensupport siswa untuk berprestasi dengan memberikan kesempatan dalam berbagai perlombaan (fastabiqul khairat).