Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Banyuasin II

Main Article Content

Fakhrul Rijal Rabial Kanada Rabbul Izzatin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri 1 Banyuasin II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I (satu) sampai dengan kelas VI (enam), guru olahraga, guru Pendidikan Agama Islam, beberapa siswa kelas V (lima) dan siswa kelas VI (enam). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah di SD Negeri 1 Banyuasin II cenderung kepada gaya kepemimpinan yang demokratis. Hal ini terlihat dari cara kepala sekolah dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan selalu dilakukan dengan rapat, diskusi dan musyawarah kepada staf dan guru-guru. Kepala sekolah selalu menerima pendapat, kritik dan saran dari bawahan dengan baik, lapang dada dan iklas serta berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang ada di sekolah. Selain itu, kepala sekolah selalu mengembangkan dan mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan seperti kebersamaan dan kekompakan.

Article Details

How to Cite
Rijal, F., Kanada, R., & Izzatin, R. ( ). Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Banyuasin II. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 105-114. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/2472
Section
Artikel