Amiruddin. 2017. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 7 no. 2 (Desember 2017). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/download/2261/1689
Astuti dan Danial. 2019. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. Journal of Islamic Education Management, vol. 5 no. 1 (Juni 2019). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/3495/2333
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kartono, Kartini. 1986. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali.
Kasim, Andi Hasmawati. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru di SDN No 119 Karassing Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Laporan Penelitian. UIN Alauddin Makassar.
Kurniadi, Didin dan Imam Machali. 2016. Manajemen Pendidikan. Cet. III; Jogjakarta.
Rusyan, Tabrani. 2006. Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.
Sinungan, Muchdarsyah. 2003. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. Metodologi Penelitian pendidikan. Cet. I; Jakarta Bumi Aksara.
Wahdjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet.VIII; Jakarta: Rajawali Pers.
Zuryati, dkk. 2015. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemawe. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, vol. 3 no. 2 (Mei 2015). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2540/2387
Astuti dan Danial. 2019. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. Journal of Islamic Education Management, vol. 5 no. 1 (Juni 2019). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/3495/2333
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Kartono, Kartini. 1986. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali.
Kasim, Andi Hasmawati. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru di SDN No 119 Karassing Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Laporan Penelitian. UIN Alauddin Makassar.
Kurniadi, Didin dan Imam Machali. 2016. Manajemen Pendidikan. Cet. III; Jogjakarta.
Rusyan, Tabrani. 2006. Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.
Sinungan, Muchdarsyah. 2003. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. Metodologi Penelitian pendidikan. Cet. I; Jakarta Bumi Aksara.
Wahdjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet.VIII; Jakarta: Rajawali Pers.
Zuryati, dkk. 2015. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemawe. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, vol. 3 no. 2 (Mei 2015). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2540/2387
- Abstract viewed - 183 times
- Pdf downloaded - 134 times
Copyright
© ,
Affiliations
Ike Yuliarty
Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Muhammad Ramli
Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Sitti Mania
Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
How to Cite
Yuliarty, I., Ramli, M., & Mania, S. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kedisiplinan Guru pada Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Bulukumba. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 182-195. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/3648
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kedisiplinan Guru pada Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Bulukumba
Vol 4 No 2 (2018): El-Idare
Submitted: Jul 20, 2019
Published: Dec 17, 2018
Abstract
This research aims to analyze and examine the effect of leadership style of headmaster to teacher discipline at Madrasah Ibtidaiyah of Bulukumba Regency, South Sulawesi. This research is a quantitative research with the ex post facto method. Respondents in this study as much as 92 teachers, taken at random. The data collection techniques used is a questionnaire then analyzed by using regression analysis to examine the hypotheses. The results of this study indicate that the leadership style of headmaster influential positive and significant to teacher discipline with determinants coefficient of 0,305. So, teacher discipline 30,5% influenced by the leadership style of headmaster and 869,5% determined by another factor.