Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian ini adalah pengawas, kepala madrasah dan guru-guru madrasah Ibtidaiyah yang terlibat dalam kegiatan KKG. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan KKG Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gantarang telah dilakukan dan sangat membantu guru dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi serta menjadi tempat berbagi pengalaman mengajar. Melalui kegiatan KKG, para guru diberikan bimbingan pembelajaran dan diberikan peluang untuk saling berbagi pengalaman, teknik mengajar, dan referensi keilmuan sehingga memberi kemudahan bagi guru dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran di madrasah.