Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi pembentukan karakter dalam proses pembelajaran pada SMP Negeri 37 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik pada SMP Negeri 37 Bulukumba dilaksanakan dengan mengutamakan pembentukan 8 karakter, yaitu bertanggung jawab, cinta tanah air, peduli sosial, toleransi, disiplin, mandiri, demokratis, dan gemar membaca. Pelaksanaan pendidikan karakter tersebut terintegrasi dengan semua mata pelajaran, terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan dalam bentuk intrakurikuler dan ekstrakurikuler, baik di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Strategi  yang ditempuh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 37 Bulukumba dilakukan melalui pembinaan akhlak dan peningkatan wawasan keagamaan peserta didik.