Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum dalam pengembangan pembelajaran di Madrasah Aliyah Swasta Kindang, Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru-guru yang mengimplementasikan manajemen kurikulum dalam pengembangan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kurikulum di Madrasah Aliyah Swasta Kindang diterapkan dalam tiga kegiatan utama dalam pengembangan pembelajaran, yaitu dalam perencanaan pengembangan pembelajaran, pelaksanaan pengembangan pembelajaran, dan evaluasi pengembangan pembelajaran. Hambatan penerapan manajemen kurikulum yang ditemukan adalah masih terdapatnya guru yang belum mengetahui secara jelas terkait implementasi kurikulum 2013, terutama guru-guru yang senior karena kurang mengikuti pelatihan. Oleh karena itu, guru-guru yang mengikuti pelatihan seharusnya menyampaikan juga kepada guru-guru yang tidak sempat mengikuti pelatihan ketika kembali ke sekolah.