Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang “kepemimpinan kharismatik K.H. Muhammad Djunaid Sulaiman dalam pengembangan pendidikan Islam di Kab. Bone”. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan historis, sosiologis, dan fenomenologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah literasi ulama (biografi K.H. Muhammad Djunaid Sulaiman), pihak keluarga, murid K.H. Muhammad Djunaid Sulaiman, dan Kepala madrasah. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi historis, wawancara, dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa nilai kepemimpinan kharismatik yang dimiliki K.H. Muhammad Djunaid Sulaiman dalam mengembangkan pendidikan Islam di kabupaten Bone, seperti nilai Ada Tongeng, Getteng, Sabbara, Siri, dan Lempu. Telah mengalir dalam diri beliau sebagai generasi pattola palallo dari keturunan bangsawan dan agamawan. Mulai dari mendirikan lembaga pondok pesantren, membawakan pengajian, cara mengkritik pemerintah, sampai kepada memotivasi masyarakat, tidak lepas dari nilai-nilai kharismatiknya. Etika dan estetika dalam gerakan beliau menghadirkan polarisasi Ada na Gau (sesuai perkataan dan perbuatan) yang dijadikan sebagai pondasi kuat dalam membangun kesadaran kolektif masyarakat Bone. Upaya pengembangan pendidikan Islam di Bone menjadikan beliau bekerja tanpa mengharapkan bayaran sepeserpun.
Kata kunci: Kepemimpinan Kharismatik, Pengembangan Pendidikan Islam