Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas layanan dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bulukumba, Sulawesi Selatan. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini sebanyak 38 orang peserta didik yang diambil 15% secara proportional stratified random dari 251 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial melalui analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 18,3%, begitu pula kompetensi profesional guru juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 25,1%. Secara simultan, kualitas layanan madrasah dan kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 27,4%. Hal ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Bulukumba ditentukan oleh kualitas layanan madrasah dan kompetensi profesional guru.