Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Edianto. 2017. “Hubungan antara Manajemen Kepala Madrasah dan Iklim Madrasah dengan Efektivitas Kinerja Guru di SD Negeri Bontokamase Kec. Somba Opu Kab. Gowa”, Tesis. Makassar: Pascasarjana UIN Alauddin.
Ichsan, Fauqa Nuri. 2014. “Pengaruh Iklim Organisasi dan Etos Kerja terhadap Kinerja Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri di Propinsi Sumatera Barat”, Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 2. no. 1. https:// Journal.unj. ac.id./unj/index.php/ jmp/article/ view/2453/ 1883 html. (04 November 2018).
Mania, Sitti. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Makassar: Alauddin University Press.
Masaong, Abdul Kadim dan Arfan A. Tilome. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Interlligence: Strategi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
-------. 2015. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nofrina, dan Bustari Muchtar. 2015. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pasaman Kabupaten
Pasama Barat”, Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, vol. 3 no. 2. http://scoler.google.co.id/scoler?hl=id&as_sdt. (Diakses 05 april 2019).
Ruliana, Poppy. 2016. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo Pers.
Shihab, M. Quraish. 2009. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Yulk, Gary. 2015. Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Ketujuh Seri Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.
Edianto. 2017. “Hubungan antara Manajemen Kepala Madrasah dan Iklim Madrasah dengan Efektivitas Kinerja Guru di SD Negeri Bontokamase Kec. Somba Opu Kab. Gowa”, Tesis. Makassar: Pascasarjana UIN Alauddin.
Ichsan, Fauqa Nuri. 2014. “Pengaruh Iklim Organisasi dan Etos Kerja terhadap Kinerja Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri di Propinsi Sumatera Barat”, Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 2. no. 1. https:// Journal.unj. ac.id./unj/index.php/ jmp/article/ view/2453/ 1883 html. (04 November 2018).
Mania, Sitti. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Makassar: Alauddin University Press.
Masaong, Abdul Kadim dan Arfan A. Tilome. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Interlligence: Strategi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
-------. 2015. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nofrina, dan Bustari Muchtar. 2015. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pasaman Kabupaten
Pasama Barat”, Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, vol. 3 no. 2. http://scoler.google.co.id/scoler?hl=id&as_sdt. (Diakses 05 april 2019).
Ruliana, Poppy. 2016. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo Pers.
Shihab, M. Quraish. 2009. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Yulk, Gary. 2015. Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Ketujuh Seri Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.
- Abstract viewed - 18 times
- PDF downloaded - 6 times
Copyright
© El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2020
Affiliations
Irfan Paizal
Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
Arifuddin Siraj
Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
Sitti Mania
Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
How to Cite
Paizal, I., Siraj, A., & Mania, S. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Iklim di MA PP Al-Ikhlas Ujung Bone. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 17-34. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/elidare.v6i2.5939
Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Iklim di MA PP Al-Ikhlas Ujung Bone
Vol 6 No 2 (2020): El-Idare
Submitted: Jun 7, 2020
Published: Dec 21, 2020
Abstract
This research strive to present relationship of leadership style of headmaster with madrasah climate. This research aims to: 1) describe the reality of leadership style of headmaster; 2) describe the reality madrasah climate; and 3) examine the correlation between leadership style of headmaster and madrasah climate at MA PP Al-Ikhlas Ujung Bone. This research is a quantitative by ex post facto method. Instrument used is a questionarre than analyzed by using product moment correlation. This research indicate that: 1) leadership style of headmaster including the good category with percentage of 82,25%; 2) madrasah climate including the high category with percentage of 80,5%; and 3) the correlation between leadership style of headmaster and madrasah climate indicate a positive correlation with correlation coefficient value at 0,643.