Abstract

Pada perguruan tinggi, pelayanan administrasi termasuk salah satu pilar utama dalam mengatur segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan tri dharmanya, utamanya aspek pendidikan/perkuliahan.Pelayanan administrasi ini difokuskan pada pemberian bantuan kepada mahasiswa dalam hal registrasi, alih kredit, mendapatkan bahan ajar, transkrip, ijazah, dan sistem informasi.penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pelayanan administrasi dan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhinya serta bagaimana persepsi mahasiswa terhadap layanan administrasi. Dari data observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap 19 mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan 8 orang staf administrasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan administrasi dapat dilihat dari beberapa dimensi pelayanan, yaitu: a. Reliability, b. Responseveniss, c. Assurance, d. Empathy, dan e. Tangibles.Faktor yang mempengaruhi pelayanan administrasinya: pembagian beban kerja, perhatian dan pengawasan dari pimpinan, sarana dan prasarana, kesadaran staf administrasi terhadap tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi-nya). aturan yang menjadi landasan layanan kerja pelayanan, dan keterampilan petugas administrasi. Persepsi mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam terhadap pelayanan administrasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah dinyatakan kurang baik.

In high education, administrative service is one of fundamental pilars in managing educational activities. Administrative service is focused on managing student registration, credit-change, learning material, academic transcrript, certificate, and information system. This research was aimed at describing administrative service and describing factors influencing it, and explaining students’s perception of administrative service given. From observation, documentation, and interview data with 19 students of MPI and 8 administration staff of Faculty of Tarbiyah, UIN RF Palembang, it revealed several dimensions of the quality of adm service consisting of:a. Reliability, b. Responseveniss, c. Assurance, d. Empathy, and e. Tangibles. Meanwhile, factor influencing the adminitratve service consist of division of work load, care and supervision from the top management, infrastructure and structures, staff awareness of their core function and task, SOP, skill of the staff. Students’s perception of administrative service is also not positive.