Abstract

Mewujudkan pendidikan yang berkualitas merupakan tujuan utama Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah (Prodi MPI-FT-UIN-RF) Palembang. Posisi strategis Prodi MPI-FT-UIN-RF Palembang tidak lagi cukup untuk mewujudkan visi sebagai pusat unggulan yang melaksanakan pendidikan berkualitas tinggi apabila tidak mempertimbangkan aspek kepuasan mahasiswa. Pentingnya perhatian khusus pada kepuasan mahasiswa juga dilandasi kesadaran Prodi MPI-FT-UIN-RF Palembang akan semakin ketatnya tantangan persaingan dengan perguruan tinggi yang membuka program sejenis baik berstatus negeri maupun swasta. Tujuan dari penelitian di MPI-FT-UIN-RF Palembang ini adalah 1) mengukur besarnya gap antara kenyataan dan harapan mahasiswa terhadap pelayanan proses pembelajaran, 2) menilai tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan proses pembelajaran dalam lima dimensi SERVQUAL (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati), 3) menentukan prioritas perbaikan pelayanan proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan 80 responden. Tehnik pengumpulan data primer menggunakan kuesioner tertutup dengan alternatif jawaban menggunakan skala likert.

Realizing quality education is the main objective of Islamic Education Management Studies Program Faculty of MT and Teaching UIN Raden Fatah (Prodi MPI-UIN-FT-RF) Palembang. Prodi strategic position MPI-UIN-FT-RF Palembang no longer enough to realize the vision as a center of excellence which carry high quality education if it does not consider aspects of student satisfaction. Special attention to the importance of student satisfaction is also based on an awareness Prodi FT-MPI-UIN-RF Palembang will increasingly intense competitive challenges with universities open similar programs both public and private status. The aim of the research at the MPI-FTK-UIN-RF Palembang is 1) measure the gap between reality and expectations of students for service learning, 2) assess the level of student satisfaction on service quality learning process in five dimensions of SERVQUAL (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy), 3) determine the priority of service improvement learning process. The method used is descriptive quantitative. The samples used 80 respondents. Primary data collection technique using the questionnaire enclosed with alternative answers using a Likert scale.