Abstract

Artikel ini membahas tentang monopoli dalam dunia pendidikan yang terjadi di sekolah negeri dan sekolah swasta. Monopoli dapat diartikan sebagai suatu hak istimewa atau keuntungan tertentu yang didapat oleh satu atau lebih orang atau perusahaan, karena adanya kekuasaan untuk menjalankan suatu bidang usaha tertentu atau perdagangan, menghasilkan barang atau jasa tertentu, atau mengendalikan penjualan keseluruhan produksi atau komoditas barang atau jasa tertentu. Faktor-faktor eksternal yang dapat menimbulkan adanya peluang atau ancaman bagi organisasi terdiri atas: keadaan pasar, persaingan, teknologi, ekonomi, sosial budaya, hukum, dan peraturan. Sedangkan faktor-faktor internal menunjukkan adanya keunggulan atau kelemahan organisasi, meliputi: keuangan, produksi, SDM, serta khususnya bidang pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi. Selain daripada monopoli, terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi komersialisasi pendidikan diantranya; aspek politik, aspek budaya, aspek ekonomi, dan aspek sosial. Dengan adanya monopoli pendidikan maka mengakibatkan ideologi kapitalisme mulai merebak di dalam dunia pendidikan yang pada akhirnya lebih mengutamakan keuntungan bagi pihak-pihak tertentu saja.

This article discusses the monopoly in the world of education in state schools and private schools. Monopoly is a privilege or a certain advantage gained by one or more persons or companies, because of their power to carry out a certain business or trade, produce certain goods or services, or control the overall sales production or commodity specific goods or services. The external factors that can lead to an opportunity or a threat to the organization consists of: market conditions, competition, technological, economic, social, cultural, legal, and regulations. While internal factors indicate superiority or weakness of the organization, including: finance, production, human resources, and in particular the areas of marketing which consists of product, price, distribution, and promotion. In addition rather than a monopoly, there are some aspects that affect the commercialization of education diantranya; the political, cultural, economic, and social aspects. With the monopoly of education, resulting in the ideology of capitalism began to spread in the world of education that ultimately prefers advantage for certain parties.