Asmani, Jamal Ma’mur. 2015. Manajemen Efektif Marketing Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Asrori. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Hery. 2013. Cara Cepat dan Mudah Memahami Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Gava Media.
Husain, Syed Sajjad dan Syed Ali Asharaf., Astuti, Rahmani (Penerjemah). 1994. Menyongsong Keruntuhan Pendidikan Islam. Bandung: Gema Risalah Press.
Irianto, Agus. 2013. Pendidikan Sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Jakarta: Kencana Media Group.
Jalaluddin. 2011. Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sejarah dan Pemikirannya. Jakarta: Kalam Mulia.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.
Mawardi dan Hidayati, Nur. 2009. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar,Ilmu Budaya Dasar. Bandung: Pustaka Setia.
Nawawi, Hadari. 2012. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: UGM Press.
Prihadi, Syaiful. 2004. Assesment Centre Identifikasi, Pengukuran, dan Pengembangan Kompetensi. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Purwanto, Iwan. 2006. Manajemen Strategik PedomanJitu dan Efektif Membidik Sasaran Perusahaan Melalui Analisis Internal dan Eksternal. Yogyakarta: Yrama Widya.
Rohiyat. 2012. Manajemen Sekolah Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Siagian, Sondang P. 2012. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Ali Anwar. 2006. Islam dan Sains Modern Sentuhan Islam terhadap Berbagai Disiplin Ilmu. Jawa Barat: Psutaka Setia.
Asrori. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Hery. 2013. Cara Cepat dan Mudah Memahami Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Gava Media.
Husain, Syed Sajjad dan Syed Ali Asharaf., Astuti, Rahmani (Penerjemah). 1994. Menyongsong Keruntuhan Pendidikan Islam. Bandung: Gema Risalah Press.
Irianto, Agus. 2013. Pendidikan Sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Jakarta: Kencana Media Group.
Jalaluddin. 2011. Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sejarah dan Pemikirannya. Jakarta: Kalam Mulia.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.
Mawardi dan Hidayati, Nur. 2009. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar,Ilmu Budaya Dasar. Bandung: Pustaka Setia.
Nawawi, Hadari. 2012. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: UGM Press.
Prihadi, Syaiful. 2004. Assesment Centre Identifikasi, Pengukuran, dan Pengembangan Kompetensi. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Purwanto, Iwan. 2006. Manajemen Strategik PedomanJitu dan Efektif Membidik Sasaran Perusahaan Melalui Analisis Internal dan Eksternal. Yogyakarta: Yrama Widya.
Rohiyat. 2012. Manajemen Sekolah Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Siagian, Sondang P. 2012. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Ali Anwar. 2006. Islam dan Sains Modern Sentuhan Islam terhadap Berbagai Disiplin Ilmu. Jawa Barat: Psutaka Setia.
- Abstract viewed - 1322 times
- PDF downloaded - 923 times
Copyright
© El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 2016
Affiliations
Weni Puspita
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang
How to Cite
Puspita, W. (2016). PENTINGNYA ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL BAGI PENCAPAIAN TUJUAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 120-136. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/925
PENTINGNYA ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL BAGI PENCAPAIAN TUJUAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Vol 2 No 2 (2016): El-Idare
Submitted: Dec 14, 2016
Published: Dec 14, 2016
Abstract
The problems that occurred in Islamic educational institutions is the low achievement of the goals obtained as a result of negligence analyze the internal factors at the beginning of the event, so the design process is organized and the activities carried out are not optimal. This study uses the science of strategic management approach. The conclusion of this research is the analysis of internal factors for Islamic educational institutions important to know the advantages and disadvantages of the institution in order to prepare a work plan and the right activities and anticipate the worst happens in the coming work processes so that results can be achieved also expected. Excess agencies may be selling to work and improve competitiveness. Disadvantages are known at the beginning to be a record for the agency to look for solutions, anticipation, and other alternatives to cover and to empower them to keep potential.