Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The paper should have not been published or considered for publication in the other journals or other media.
  • The format of the file is OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect.
  • URLs for references should be provided.
  • The text uses 1 space, font 12, italic, no underline (except for URL). All the illustration, figures and tables should be put in the text, not at the end.
  • Texts which follow the right guidelines can be seen in Author’s Guidelines.
  • The instructions of acceptance for the peer-review can be seen in Check Anonym Reviewer.

Author Guidelines

Petunjuk Penulisan Jurnal Nurani Tahun 2017

 

Penulisan Judul; Nama dan Afiliasi Penulis; Abstrak; dan Kata Kunci

  1. Penulisan Judul, Nama dan Afiliasi Penulis, Abstrak, dan Kata Kunci dengan huruf Times New Roman dengan 1 spasi (line spacing)
  2. Judul ditulis huruf besar (Uppercase); font size 12pt; ditengah (center text); dan tebal (bold)
  3. Antara Judul dan Nama Penulis diberi ruang 2 spasi (enter)
  4. Nama Penulis ditulis huruf kapital (Capitalize Each Word); font size 10pt; ditengah (center text); dan tebal (bold)
  5. Alamat penulis ditulis huruf kapital (Capitalize Each Word); font size 10pt; ditengah (center text)
  6. Email ditulis dengan font size 10pt dan miring (italic)
  7. Kata Abstrak ditulis dengan fon size 10pt; tebal (bold); dan rata kiri dan kana (justify)
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan 1 spasi (line spacing); font 10pt; rata kiri dan kanan (justify); dan miring (italic)
  9. Kata Kunci maksimal 5 (lima) kata yang menunjukkan isi naskah dengan font size 10 pt dan miring (italic


Penulisan Naskah secara Umum

Pedoman umum naskah adalah sebagai berikut:

  1. Naskah merupakan hasil penelitian otentik yang belum dipublikasikan di media penerbitan atau publikasi lainnya.
  2. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan redaksi akan langsung menolak teks yang menunjukkan plagiarisme.
  3. Pengajuan dan proses publikasi bebas, tanpa biaya tambahan.
  4. Naskah yang telah ditulis di bawah pedoman Jurnal Nurani (dalam format MS Word, menggunakan artikel template ini) harus disampaikan melalui Sistem online menggunakan Open Journal System (OJS) di portal E-Journal Nurani (http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/nurani). Prosedur pengiriman naskah via OJS dapat dilihat di menu utama jurnal (Menu Online Submission)
  5. Pedoman penulisan artikel naskah dan template yang dapat didownload. Template dan pedoman penulisan artikel tersedia dalam format MS Word (.doc).
  6. Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan Jurnal Nurani akan dikembalikan kepada penulis sebelum diproses lebih lanjut.
  7. Naskah harus berisi beberapa aspek dari sebuah artikel ilmiah sebagai berikut: (a) judul artikel, (b) nama penulis (tanpa gelar akademik), (c) alamat afiliasi penulis, (d) email penulis (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) metode penelitian (h), temuan penelitian dan pembahasan (i), kesimpulan (j), referensi.
  8. Sub judul termasuk dalam bagian pembahasan (Pendahuluan, Metode Penulisan, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan) harus diberi nomor dalam urutan penomoran Arab mulai dari satu. Sub judul ditulis dalam format tebal.
  9. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan bahasa standar. naskah terdiri dari lima belas (15) sampai dua puluh lima (25) halaman termasuk gambar dan tabel. Artikel ditulis pada kertas berukuran A4 (210x297 mm), dengan margin kustom sebagai berikut: kiri 25 mm, tepat 20 mm, bawah 20 mm dan atas 30 mm.
  10. Teks artikel harus dalam Time New Roman, ukuran font 12pt, 1.15 line-spacing, 1 kolom.
  11. Kata-kata dari bahasa biasa atau asing dinyatakan dalam format Miring. Untuk artikel dalam Bahasa Indonesia, istilah atau kata-kata asing harus dihindari. Setiap paragraf dimulai 10mm dari perbatasan sisi kiri sementara tidak ada spasi antara paragraf. Semua nomor ditulis dalam format penomoran Arab, kecuali untuk kalimat baru.
  12. Pengunaan kata bahasa Arab harus merujuk pada Pedoman Transliterasi Kementerian Agama yang terbaru dan dicetak miring.
  13. Tabel dan gambar ditempatkan dalam kelompok teks setelah tabel direferensikan atau gambar. Setiap gambar harus diberi keterangan (Figure Caption) di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan nomor dalam bahasa Arab Format di atas diikuti oleh judul. Gambar-gambar lampiran harus dijamin bahwa dapat dicetak dengan baik (ukuran font, resolusi dan ruang garis yang jelas terlihat).

 

Pedoman Penulisan Tubuh Naskah

Judul naskah: Judul harus informatif dan ditulis dengan baik, singkat dan jelas. Judul tidak dapat menimbulkan beragam multi-interpretasi. Judul harus menentukan dengan isu-isu yang akan dibahas. Judul artikel harus ditulis maksimal 12 belas kata, ukuran huruf 12pt, di tengah (center), tebal (bol). Sementara itu, abstrak harus ditulis dalam 250 kata maksimum dan diikuti oleh dengan 3-5 kata kunci.

Pendahuluan: pengantar harus berisi (singkat dan berturut-turut) latar belakang umum dan kajian literatur sebagai dasar dari pertanyaan penelitian, laporan artikel ilmiah, masalah utama penelitian, dan hipotesis. Pada bagian akhir dari pendahuluan, tujuan dari penulisan artikel harus dinyatakan.

Metode Penelitian: Metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah, termasuk metode analitik. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah penelitian dijelaskan dalam bagian ini.

Diskusi dan Hasil: Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan pembahasan. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut harus didukung oleh data yang cukup. Hasil penelitian dan penemuan harus menjadi jawaban atau hipotesis penelitian yang sebelumnya dinyatakan di bagian pendahuluan.

Kesimpulan: ini adalah bagian akhir yang berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan akan menjadi jawaban dari hipotesis, tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Kesimpulan seharusnya tidak hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi. Ini harus menjadi ringkasan hasil penelitian sebagaimana penulis mengharapkan dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Saran berisi saran terkait dengan ide-ide lebih lanjut dari penelitian.

Referensi: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus tercantum dalam bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber-sumber primer (jurnal ilmiah dan jumlah paling sedikit adalah 80% dari semua referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki referensi setidaknya sepuluh referensi.

 

Pedoman Kutipan dan Referensi

Penulis diharapkan mengutip beberapa artikel dari Jurnal Nurani. Semua data yang disajikan atau kutipan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lain harus melampirkan sumber referensi. Referensi harus menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, End Note, atau Zotero. Format penulisan yang digunakan dalam Jurnal Nurani mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edition (American Psychological Association).