Pengaruh Intensitas Shalat Berjamaah terhadap Kecerdasan Emosional Santri di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin

Main Article Content

Neni Trinovita Muhammad Noufal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara intensitas shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional santri di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin. Spekulasi pada riset yakni terdapat ikatan yang kuat antara kebiasaan shalat berjamaah dengan kecerdasan emosional terhadap santri di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin. Tipe penelitian memanfaatkan pendekatan kuantitatif menggunakan alat ukur skala intensitas shalat berjamaah dan skala kecerdasan emosional. Ilustrasi yang dipakai dalam penelitian yakni santri yang aktif di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin berjumlah 75 santri dan menggunakan metode simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji determinasi (R2), uji koefisien regresi simultan (uji F), dan uji koefisien regresi parsial (uji T). semua penghitungan dilakukan dengan menggunakan bantuan program computer SPSS versi 24.0 for windows. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian ini ada pengaruh antara intensitas shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional pada santri di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin, yang menunjukkan hasil r = 0,930 dan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05) dapat dikatakan bahwa hipotesis yang diajukan terbukti ada pengaruh yang positif antara intensitas shalat berjamaah terhadap kecerdasan emosional pada santri di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin.

Article Details

How to Cite
Trinovita, Neni, and Muhammad Noufal. “Pengaruh Intensitas Shalat Berjamaah Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren Ahlul Quro Rantau Harapan Kabupaten Banyuasin”. Spiritual Healing : Jurnal Tasawuf dan Psikoterapi 3, no. 1 (June 16, 2022): 104-110. Accessed February 3, 2023. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/SH/article/view/10512.
Section
Articles