Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Pesantren Dengan Bī’ah Luġowiyyah ‘Arabiyyah

  • Sania Alfaini IAIN Surakarta

Abstract

Kurikulum merupakan fokus penting bagi lembaga pendidikan dari berbagai tingkatan. Karena menggambarkan visi, misi, dan tujuan pendidikan bangsa, maka perlu adanya pola dan bentuk kurikulum yang baik. Untuk melaksanakan kurikulum pada suatu lembaga diperlukan manajemen kurikulum yang tertata, meliputi konsep, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. MA Al-Ukhuwah sukoharjo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki manajemen kurikulum yang terstruktur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi dari pihak terkait. Hasil yang ditemukan adalah Konsep kurikulum yang digunakan di MA Al-ukhuwah meliputi kurikulum nasional dan local pesantren,  Terlihat bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh seluruh stakesholders, pelaksanaan struktur kurikulum dan pengembangan diri santri yang merata juga evaluasi kurikulum yang menghasilkan banyak prestasi juga alumni berkarakter islam dan memiliki keunggulan pada bidangnya.

References

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 2791 TAHUN 2020 TENTANG PANDUAN KURIKULUM DARURAT PADA MADRASAH, Pub. L. No. 2791, Jenderal Pendidikan Agama Islam (2020). http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76
Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. CV.YRAMA WIDYA.
Asyrofi, S., & Pransiska, T. (2016). Penulisan Buku Teks Bahasa Arab. Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).
Atabik. (2016). KONSEP DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MUATAN LOKAL PADA MADRASAH ALIYAH DI LINGKUNGAN YAYASAN YA BAKII KESUGIHAN CILACAP JAWA TENGAH (Studi Kasus pada MA-MINAT Kesugihan Cilacap dan MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas). IAIN Purwokerto.
Dedi Lazuardi. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.
Habibi, B. Y. (2019). Integrasi Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Tradisional Dan Modern Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan. Journal of Arabic Studies, 4(2), 151–167. http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v4i2.178
Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulu, sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al Idarah:Jurnal Pendidikan, 119-125.
Mesiono, M., Aziz, M., & Syafaruddin, S. (2019). Implementasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Qismul’Aly Medan. Ta’dib, 22(2), 57. https://doi.org/10.31958/jt.v22i2.1450
Moleong, L. (2010). Metodology Of Qualitative Research. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Munif, A. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab. In Penerbit Gawe Buku (Issue pembelajaran bahasa arab).
Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum. Sebuah kajian teoritis. Idaarah, 1-2.
Nasir, M. (2013). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Konteks Pendidikan Islam Di Madrasah. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 1. https://doi.org/10.24239/jsi.v10i1.12.1-18
Oensyar, K. R., & Hifni, A. (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. In IAIN Antasari Press: banjarmasin.
Saajidah, L. (2018). Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 1(2), 16–22. https://doi.org/10.32940/mjiem.v1i0.71
Sholeh, H. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Tuhfatul, B. (2015). Penciptaan Lingkungan berbahasa. Tafaqquh, 3(1), 134–152.
Undri. (2016). Kurikulum Muatan Lokal. Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang.
Wahyuddin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Published
30-06-2022
How to Cite
Alfaini, S. (2022). Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Pesantren Dengan Bī’ah Luġowiyyah ‘Arabiyyah. Taqdir, 8(1), 111-124. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/taqdir.v8i1.11673
Section
Artikel