AL-ASAS AL-LUGHAWIYYAH FÎ I’DÂD AL-KITÂB AL-MADRÂSIY

  • Nurul Hidayah

Abstract

Pembelajaran bahasa arab telah ada di negara indonesia sejak kedatangan Islam dari Timur Tengah hingga berkembang dengan berbagai inovasi seperti sekarang ini. Salah satu inovasi yang ada dalam pembelajaran ini adalah buku ajar. Buku ini hendaknya terdiri dari kemahiran dan kemampuan yang diharapkan ketika siswa mempelajari materi bahasa arab di kelas saat ini, kemahiran yang diharapkan inilah yang akan menjadi tujuan pembelajaran bahasa arab. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memperhatikan bagaimana penyajian materi pembelajaran yang baik, sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik pula. Untuk memudahkan Guru dalam menyajikan materi, Guru haruslah mempersiapkan buku ajar yang kreatif. Buku ini hendaknya memperhatikan unsur-unsur bahasa yang wajib ada dalam pengadaan buku ajar; diantaranya adalah yang pertama adalah bahasa yang digunakan di dalam buku adalah bahasa yang fushah; kedua guru juga harus menyajikan komponen bahasa yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan, yang ketiga guru juga harus memperhatikan setiap kemahiran yang ada dan terakhir guru harus memperhatikan tingkatan pembelajaran, karena di dalamnya terdapat tujuan khusus yang mana tujuan tersebut berbeda tingkat pembelajaran dan perfomansi bahasanya
Published
28-02-2019
How to Cite
Hidayah, N. (2019). AL-ASAS AL-LUGHAWIYYAH FÎ I’DÂD AL-KITÂB AL-MADRÂSIY. Taqdir, 4(2), 14-28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Taqdir/article/view/3120
Section
Artikel