TANFÎDZI NAMÛDZAJ AT-TA’LÎM TERPADU ‘ALA TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH FIL-FASHLI ATS-TSÂLITS BIL-MADRASAH AL-IBTIDÂIYYAH AL-MUTAKÂMILAH BINA ILMI LEMABANG PALEMBANG

  • Maimunah Maimunah
  • Ani Lestari

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab sudah lama dilakukan di Indonesia, namun hasilnya belum sepenuhnya maksimal. Berbagai problem masih sering bermunculan dan hampir jarang terselesaikan. Problem tersebut dapat dilihat dari beberapa faktor antara lain para pengajar yang kurang kreatif untuk menggunakan model-model pembelajaran sehingga anak didik akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Arab. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan Model Pembelajaran Terpadu dalam pembelajaran Bahasa Arab, Implementasi Model Pembelajaran Terpadu dan hasil Implementasi Model Pembelajaran Terpadu pada pembelajaran Bahasa Arab di  SDIT Bina Ilmi Lemabang Palembang. Adapun perencanaan Implementasi Model Pembelajaran Terpadu yang dilakukan oleh guru yaitu Materi pelajaran yang akan diajarkan, Judul/tema mata pelajaran, Kelas atau kelompok yang akan diajar, Metode yang akan diterapkan, dan media yang akan digunakan. Tahapan Implementasi Model Pembelajaran Terpadu meliputi: Tentelaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasi, Duniawi dan Ukhrowi. Sedangkan hasil Implementasi Model Pembelajaran Terpadu pada pembelajaran Bahasa Arab di  SDIT Bina Ilmi Lemabang Palembang yaitu Penilaian pada proses pembelajaran, Penilaian harian, Penilaian semester. Kata kunci: Perencanaan, Implementasi, Model Pembelajaran Terpadu,
Published
28-02-2019
How to Cite
Maimunah, M., & Lestari, A. (2019). TANFÎDZI NAMÛDZAJ AT-TA’LÎM TERPADU ‘ALA TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH FIL-FASHLI ATS-TSÂLITS BIL-MADRASAH AL-IBTIDÂIYYAH AL-MUTAKÂMILAH BINA ILMI LEMABANG PALEMBANG. Taqdir, 4(2), 29-43. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i2.3121
Section
Artikel