MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA KONSEP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI

Main Article Content

Ismed Y Tanzil Choirunniswah Choirunniswah Resti Tri Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menghasilkan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada konsep factor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang valid berdasarkan para ahli dan mengetahui respon peserta didik berdasarkan media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Validasi materi terdiri dari 2 orang dan validasi media 1 orang. Subjek penelitian yaitu 6 orang peserta didik pada uji coba skala kecil dan 30 orang peserta didik pada skala menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid dengan hasil validasi ahli materi 1 dengan rerata skor 5 kriteria sangat baik, ahli materi 2 dengan rerata skor 4,84 kriteria sangat baik, dan hasil validasi dari ahli media dengan rerata skor 4,53 kriteria sangat baik. Hasil angket respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan menunjukan respon positif dengan hasil presentase pada skala kecil sebesar 87,08% dengan kriteria sangat setuju dan hasil presentase skala menengah sebesar 89,5% dengan kriteria sangat setuju.

Article Details

How to Cite
[1]
Tanzil, I., Choirunniswah, C. and Astuti, R. 2023. MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA KONSEP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 9, 2 (Feb. 2023), 19-24.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)