PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DENGAN TEKNIK SELF ASSESSMENT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap dengan teknik self assessment pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi model Borg & Gall samapai pada 8 tahap. Subjek uji skala kecil dan skala menengah adalah peserta didik MA AlFatah Palembang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar penialian sikap, angket respon, dan lembar wawancar. Hasil validasi ahli menunjukkan instrumen penilaian sikap dengan teknik self assessment pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dinyatakan layak terlihat dari validitas diperoleh dari ahli evaluasi memperoleh persentase sebesar 92,3% dengan kriteria sangat valid, ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 84% dengan kriteria sangat valid, dan praktisi pendidikan memperoleh persentase sebesar 82% dengan kriteria sangat valid. Hasil penelitian instrumen penilaian sikap dengan teknik self assessment pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dinyatakan reliabel ditinjau dari reliabilitas rata-rata 0,913. Berdasarkan respon yaitu uji coba skala kecil diperoleh total skor respon peserta didik mencapai persentase sebesar 87,78% dengan kriteria sangat tinggi dan hasil respon peserta didik pada uji coba skala menengah dengan total persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat tinggi.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2022. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DENGAN TEKNIK SELF ASSESSMENT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 11, 1 (Jun. 2022), 25–29.