UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 5 PALEMBANG

Main Article Content

Waluyo Waluyo Suyud Abadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe team game tournament di SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan proses tindakan dan satu kali evaluasi. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa instrumen non tes berupa lembar observasi, catatan harian, angket sebelum dan sesudah siklus, tes tulis berupan ulangan harian akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, di mana rata-rata hasil ulangan akhir pra siklusĀ  adalah 67 yaitu dengan persentase ketuntasan 62% sementara rata-rata nilai hasil akhir siklus I adalah 73 atau dengan persentase ketuntasan yaitu 76% atau mengalami peningkatan 14% dan pada siklus II mencapai 91 % yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 32 siswa dari 35 siswa atau mengalami peningkatan 15%, yang berarti menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Waluyo, W., & Abadi, S. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(2), 102-105. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i2.4482
Section
Articles