“DINAMIKA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH; Eksistensi dan Modernisasi Sekolah Muhammadiyah di Bengkulu Selatan"

Main Article Content

Pasmah chandra

Abstract

Pendidikan Muhammadiyah (sekolah Muhammadiyah) saat ini memasuki era kompetisi. Pendidikan Muhammadiyah harus melakukan modernisasi dalam manajemen pendidikan. Modernisasi dalam pengembangan manajemen sekolah Muhammadiyah dapat dilakukan pada aspek manajemen kurikulum, manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen kesiswaan serta manajemen sarana dan prasarana. Namun di sisi lain, sekolah Muhammadiyah tidak cukup hanya melakukan pengembangan pada bidang manajemen sekolah saja. Sekolah Muhammadiyah harus tetap menjaga eksistensi nilai-nilai luhur ajaran Ahmad Dahlan sebagai roh dari sekolah Muhammadiyah. Jangan sampai sekolah Muhammadiyah hanya memiliki “Papan Merek” Muhammadiyah saja namun justru nilai-nilai Kemuhammadiyahan dari sekolah tersebut nihil. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana eksistensi penanaman ajaran Ahmad Dahlan dan modernisasi manajemen pendidikan pada sekolah Muhammadiyah di Bengkulu Selatan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui eksistensi penanaman ajaran Ahmad Dahlan dan modernisasi manajemen pendidikan pada sekolah Muhammadiyah di Bengkulu Selatan serta dinamika perkembangannya dari masa awal hingga saat ini. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif . Adapun hasil penelitian ialah; Pertama, ajaran Ahmad Dahlan di sekolah Muhammadiyah Bengkulu Selatan masih eksis baik di tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Atas. Eksistensi dari ajaran Ahmad Dahlan tersebut terlihat dari mata pelajaran al Islam dan Kemuhammadiyahan yang diajarkan di sekolah. Begitu juga dengan eksistensi ajaran Ahmad Dahlan dalam hal ibadah dan pembentukan akhlak siswa. Kedua, Muhammadiyah sebagai lembaga pendidikan pembaharuan senantiasa melakukan modernisasi dalam manajemen pendidikan, baik manajemen kurikulum, kesiswaan, tenaga pendidik, dan sarana dan prasarana. Ketiga, sekolah Muhammadiyah Bengkulu Selatan senantiasa mengalami dinamika dalam perkembangannya. Sekolah Muhammadiyah pertama kali berdiri di Bengkulu Selatan pada tahun 1930. Lembaga pendidikan Muhammadiyah mengalami fase perkembangan dari masa ke masa, ada sekolah yang berubah status dari madrasah ibtidaiyah menjadi sekolah dasar. Ada juga sekolah Muhammadiyah yang tidak mampu bersaing sehingga harus tutup namun ada juga sekolah Muhammadiyah yang tetap bertahan dan berkembang hingga saat ini. Keempat, dinamika perkembangan sekolah Muhammadiyah di Bengkulu Selatan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

Article Details

How to Cite
chandra, P. (2018). “DINAMIKA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH; Eksistensi dan Modernisasi Sekolah Muhammadiyah di Bengkulu Selatan". Conciencia, 19(2), 56-69. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia/article/view/2643
Section
Artikel