PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGURUSAN JENAZAH SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA AL-HIDAYAT KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Main Article Content

Kukuh Handayani Muhammad Fauzi Munirul Ihwan

Abstract

This study aims to improve the ability to organize the bodies of class XI IPA stu- dents in PAI subjects at SMA Al-Hidayat by using the demonstration method. This research is a classroom action research  ( CAR). Data collection was carried out with observation sheets and practical tests conducted at the end of each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this reseach is the students of class XI IPA at SMA Al-Hidayat, totaling 29 people. In the use of this demonstration learning method an increase in the skills of organizing students’ bodies per cycle. The first cycle the average score of students 52,24%. Cycle II students’ average score of 75,68%. Cycle III students average score of 90%. From the results of this study it can be recommended that the use of demonstration methods can be ap- plied by teachers in learning PAI in schools to improve the skills lof organizing bodies.

Article Details

How to Cite
Handayani, K., Fauzi, M., & Ihwan, M. (2023). PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGURUSAN JENAZAH SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA AL-HIDAYAT KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 25-37. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/guruku.v2i1.17803
Section
Articles

References

A. Aziz, Junaidah. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Pai Materi Shalat Berja- ma’ah Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Pencerahan

Amalia, Ema dan Ibrahim. (2017). Efektivitas Pembelajaran Fiqih Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Madrasah Ibtidaiyah Neggeri Desa Penggage-Muba. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI.

Arikunto, Suharismi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta. Asep, dkk. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Anonim, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Baidhawi. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Santri Pada Pembelajaran Fiqih Tentang Penyelenggaraan Je- nazah Di Pondok Pesantren Al falah Putera Banjarmasin. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.yogyakarta : Gava Media

Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi.

Maunah, Binti. (2009). Metodelogi Pengajaran Agama Islam. Yogyakarta: TERAS Komplek POLRI

Mukrimah, Syifa Siti. (2014). 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi.

Nurhayati, Eva Syarifah. (2008). Efektifitas Metode Demonstrasi Pada Pembela jaran Bidang Studi Fiqih Di MTS Soebono Mantofani Jombang Ciputat- Tanggerang. (Skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Nalarati. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi Dan Media Audio Visual Terhadap Pembelajaran Bidang Studi PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SDN 54 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. UIN Alauddin: Makassar.

Nurdin, Zurifah. (2016). Problematika Penyelenggaraan Jenazah di Kota Bengkulu (Studi Analisis Terhadap Persepsi Masyarakat Kota Bengkulu). Manhaj,
Ruslang. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Shalat Dan Rukun-Rukunnya Pada Peserta Didik MTS Baitullah Paranga Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin: Makassar.

Rahayu, Endang Puji. (2014). Jurnal Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Melalui Metode Pembelajaran Brainstorming Tipe Group Investigation Siswa Kelas VII SMP Negeri Sukamaju

Saputra, Agus Eka dan Slamet Priyanto. (2016). Penerapan Metode Demonstrasi Dan Media Film Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Dan Prestasi Belajar Sistem Rem. Jurnal Taman Vokasi vol. 4 No. 2 (Desember 2016).

Rianto, Milan. (2006). Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS Dan PMP.

Saleh, Hasan. (2008). Kajian Fiqh Nabawi Dan Fiqh Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syarif, Mifyah, Ary Antoni Putra, dan Mawardi Ahmad. (2018). Analisis Tingkat Pengetahuan Masyarakat Desa Sei-Petai Terhadap Penyelenggaraan Je- nazah Kec. Kampar Kiri Hilir Kab. Kampar. Jural Al-hikmah

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjiono, Anas. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persad

Yasnel. (2018). Refleksi Sosial Penyelenggaraan Jenazah Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education

Asma(2021) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Paguyaman. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7 (3). 1. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/737

Muhoyidin Syarif, (2021) Penerapan Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman SiswatentangTataCaraBerwudhu,JournalEducation7(1).6. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/895/575

Nila Lukmatus Syahidah (2020)Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pai (Studi Kasus Materi Penyembelihan Hewan dan Pengurusan Jenazah). Journal Of Islamic ReligiousEducation4(1)https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/265/218

Suharti Dwi, (2021) Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidika Agama Islam Kelas XI Smk Negeri 1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Studi Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan pada Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah). Jurnal Penelitian Tidakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat. 1 (1). 44-46.https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/64/48

Tauhid, Moh & Wulandari Alifa (2023) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Perawatan Jenazah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1 (1), 1 https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/jps/article/view/17/1