PENGARUH PEMBAYARAN ZAKAT TERHADAP KEBERKAHAN USAHA (Studi Kasus Pedagang Kain Songket di Pasar Kito Ilir Barat Palembang)

Main Article Content

Nilawati Nilawati

Abstract

Konsep berkah sangat abstrak dan secara relatif tidak dapat diukur, melainkan hal itu mesti dipertanggungjawabkan secara epistimologis.  Akan tetapi sebagai agama yang transenden dan sekaligus imanen, Islam tidak saja harus ma`qul (sensible), tetapi sekaligus juga mesti ma`mul (applicable). Berkait kelindannya dimensi ma`qul dan ma`mul tersebut, masih harus dibuktikan secara empirik, apakah adanya rasa “keberkahan” dari zakat mal yang dikeluarkan oleh muzakki setelah mereka mengeluarkan zakat mal benar-benar terbukti, baik secara transenden mereka merasakan kedamaian dan ketentraman jauh lebih intensif dari apa yang mereka rasakan sebelumnya, ataupun secara imanen (ekonomis), misalnya berupa peningkatan omzet usaha dibandingkan tahun sebelumnya.
Dalam kerangka tersebut penelitian ini akan melihat pengaruh kesadaran membayar zakat mal terhadap keberkahan usaha. Untuk lebih memfokuskan kajian, peneliti akan melakukan studi kasus terhadap padagang songket di Pasar Kito Ilir Barat. Dipilihnya pedagang songket di Pasar Kito tersebut, karena mayoritas pedagang beragama Islam.   Metodologi yang digunakan pada kajian ini adalah menggunakan  data primer yaitu dengan menyebarkan questioner kepada pedagang songket di Pasar Kito. Kemudian data yang ada dianalisis dengan uji Asumsi Klasik, uji hipotesis dan uji Regresi linier.
Dari hasil Penelitian bahawasanya pembayaran zakat memiliki pengaruh terhadap keberkahan usaha. Variabel Pembayaran zakat pedagang berpengaruh signifikan terhadap produk Keberkahan Usaha. Hal ini ditunjukkan dengan thitung sebesar 3,383 sementara t tabelnya 1,676, yang artinya thitung> ttabel(3,384 >1,676) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya pembayaran zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberkahan usaha Palembang. Serta kontribusi variabel bebas (Pembayaran zakat) terhadap produk Keberkahan Usaha sebesar 52,5%, sedangkan sisanya 47,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Nilawati, N. (2018). PENGARUH PEMBAYARAN ZAKAT TERHADAP KEBERKAHAN USAHA (Studi Kasus Pedagang Kain Songket di Pasar Kito Ilir Barat Palembang). I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 4(1), 1-17. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ieconomics.v4i1.1922
Section
Artikel