Pandangan Anak Didik Pemasyarakatan dalam Pelayanan Keperawatan Kesehatan pada Penanganan Covid-19 oleh Petugas LPKA Klas 1 Palembang

Main Article Content

Muhammad Suma Amaruz Yusti Padmono Wibowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelayanan apa saja yang diberikan dan bagaimana pandangan para narapidana terhadap sistem pelayanan yang dimiliki oleh LPKA Klas I Palembang pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan selama masa pandemi terhadap anak didik yaitu sangat tinggi berupa kecepatan pemberian layanan kesehatan disaat ada pasien yang sakit atau terkena virus corona. Selain itu juga terdapat sosialisasi mengenai kesehatan selama masa pandemi Covid-19 agar narapidana dapat terjaga dari virus HIV, AIDS, maupun Covid-19. Pandangan narapidana terhadap sistem pelayanan yang dimiliki lembaga pemasyarakatan bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh LPKA dalam makanan lebih baik dibandingkan dalam pengecekan kesehatan. Selanjutnya pemberian obat ketika sakit lebih baik dibandingkan dengan makanan yang bergizi. Sehingga individu membutuhkan adanya pelayanan kesehatan dalam bidang kualitas makanan bergizi, pengecekan kondisi kesehatan, dan pemberian pelayanan pada saat para narapidan merasakan rasa sakit.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Yusti and P. Wibowo, “Pandangan Anak Didik Pemasyarakatan dalam Pelayanan Keperawatan Kesehatan pada Penanganan Covid-19 oleh Petugas LPKA Klas 1 Palembang”, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 11, no. 1, pp. 79-84, Jun. 2022.
Section
Articles