Sistem Informasi Elektronik Kuliah Kerja Nyata (E-KKN) Berbasis Web Service pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Main Article Content

Saipul Anwar

Abstract

Tridharma Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Salah satu tugasnya mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan perkuliahan. KKN dilaksanakan untuk membentuk jiwa sosial di lingkungan masyarakat Sumatera Selatan. Sistem ini mengintegrasikan database server PUSTIPD UIN Raden Fatah dalam proses pengambilan data mahasiswa yang akan dihubungkan dalam sistem E-KKN menggunakan teknologi web service dengan notasi JSON (JavaScript Object Notation).Sistem E-KKN dibangun untuk mempermudah proses pendaftaran Mahasiswa, penentuan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), desa dan kelompok mahasiswa antar fakultas serta proses validasi data KKN. Sistem ini dapat memberikan fungsi pembatas, mendeteksi total Satuan Kredit Semester (SKS) yang telah ditempuh mahasiswa yang terdapat dalam Sistem Informasi Akademik UIN Raden Fatah. Metode pengembangan sistem menggunakan RAD (Rapid Aplication Development) terdiri dari Pemodelan Bisnis, Pemodelan Data, Pemodelan Proses, Kontruksi dan Pengujian. Hasil akhir dari sistem ini dapat melihat informasi persentase jumlah pendaftaran KKN dalam bentuk grafik visual berdasarkan jenis kelamin, prodi dan fakultas serta dapat melihat data KKN di tahun sebelumnya.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Anwar, “Sistem Informasi Elektronik Kuliah Kerja Nyata (E-KKN) Berbasis Web Service pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang”, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 6, no. 2, pp. 181-188, Dec. 2017.
Section
Articles