Hubungan antara Pemahaman Moral dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Siswa-Siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang

Main Article Content

Deasyari Permata Melinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pemahaman moral dengan kecenderungan perilaku Agresi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tidak ada Hubungan Antara Pemahaman Moral Dengan Kecenderungan Perilaku Agresi Pada Siswa-siswi Kelas IX SMP Negeri 50 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang yang berjumlah 213 siswa. Skala yang digunakan adalah skala yang disusun sendiri oleh peneliti. Adapun skala yang digunakan adalah skala pemahaman moral yang mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Kohlberg dan skala kecenderungan perilaku agresi dengan mengacu pada aspek-aspek agresi menurut Bush dan Perry. Metode analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS 20 for windows untuk menguji hubungan antara pemahaman moral dengan kecenderungan perilaku agresi. Hasil korelasi product moment dari Pearson menunjukkan angka korelasi sebesar rxy = -0,019 dengan ρ = 0.779 dimana (ρ >0.01) maka hal ini berarti tidak ada Hubungan Antara Pemahaman Moral Dengan Kecenderungan Perilaku Agresi PadabSiswa-siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Melinda, “Hubungan antara Pemahaman Moral dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Siswa-Siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang”, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 7, no. 1, pp. 11-20, Jul. 2018.
Section
Articles

References

[1] B. Pagi, "Berita Pagi," Berita Pagi, 2016. [Online]. Available: http://www.beritapagi.co.id. [Accessed 30 September 2016].
[2] BPS, "Badan Pusat Statistik," Badan Pusat Statistik, [Online]. Available: https://www.bps.go.id/.
[3] Santrock, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 2007.
[4] G. BK, Interviewee, Tindak Kekerasan di Sekolah. [Interview]. 2017.
[5] A. Sobur, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
[6] Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta: Gema Insani, 2015.
[7] A. A. Hains, "Variables in social cognitive development: Moral judgment, role-taking, cognitive processes, and self-concept in delinquents and nondelinquents," The Journal of Early Adolescence, vol. 4, no. 1, pp. 65-74, 1984.
[8] A. Budiningsih, Pembelajaran moral berpijak pada karakteristik siswa dan budayanya, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.