Strategi Humas dalam Peningkatan Mutu Pelayanan RS. Islam Siti Khadijah Palembang

  • Intan Muharni Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Strategi, Humas, Peningkatan, Mutu, Pelayanan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi humas di RS. Islam Siti Khadijah Palembang. Dipilihnya RS. Islam Siti Khadijah, karena instansi ini merupakan rumah sakit dengan akreditasi paripurna dan sudah bertaraf nasional. Maka dari itu, skripsi yang dibuat oleh penulis dengan judul “Strategi Humas Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Di RS. Islam Siti Khadijah Palembang” ini digunakan untuk mengetahui bagaimana strategi humas dalam peningkatan mutu pelayanan. Kualitas merupakan inti kelangsungan hidup suatu instansi. Gerakan revolusi mutu melalui pendekatan manajemen mutu terpadu menjadi tuntutan yang tidak boleh terabaikan. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pasien. Kepuasan dimulai dari penerimaan terhadap pasien dari pertama kali datang, sampai pasien meninggalkan rumah sakit. Humas merupakan manajemen yang unik, membantu dan memelihara jalur komunikasi. Menciptakan sebuah standar pelayanan merupakan kinerja humas. Maka jelas bahwa objek penelitiannya adalah pelaksanaan kinerja humas di RS. Islam Siti Khadijah Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada pihak humas, dokumentasi kegiatan, dan observasi. Analisis data mengunakan analisis data kualitatif, yaitu menggambarkan jelas dan lengkap. Berdasarkan indikator- indikator penilaian yang ada, maka, hasil penelitian menunjukan bahwa strategi humas di RS. Islam Siti Khadijah secara keseluruhan sudah sesuai dengan teori humas.

References

[1] R. F. Harlow, "Building a public relations definition," Public relations review 2, vol. 4, pp. 34-42, 1976.
[2] J. Grunig and T. Hunt, Managing Public Relations CL, California: Holt, Rinehart and Winston, 1984.
[3] T. Penyusun, "Tabloid RS. Islam Siti Khadijah Palembang," RS. Islam Siti Khadijah Palembang)., Palembang, 2016.
[4] R. Ruslan, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Edisi Revisi. Jakarta, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
[5] Arif, Interviewee, Bakti Sosial. [Interview]. 2016.
[6] Rosmini, Interviewee, BPJS Kesehatan. [Interview]. 2016.
Published
10-07-2018
How to Cite
Muharni, I. (2018). Strategi Humas dalam Peningkatan Mutu Pelayanan RS. Islam Siti Khadijah Palembang. INTELEKTUALITA, 7(1), 31-40. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v7i1.2338