Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang

Main Article Content

Dinsa Iman Sakti

Abstract

Penelitian ini berjudul: Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih berpusat pada guru itu sendiri, sehigga pembelajaran PAI lebih menekankan aspek kognitif melalui kegiatan menghafal dalam upaya menguasai materi, dalam hal ini juga siswa kurang diarahkan untuk membangun pengetahuan sendiri, dengan kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif. Berdasarkan hasil penelitian pertama, Penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang berada dalam kategori tinggi, yakni sebesar 60% (44 orang). Kedua, Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Berdasarkan hasil observasi kriteria aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memperoleh skor 4 atau 80% sebanyak 35 orang termasuk kategori tinggi. Ketiga, Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Hal ini dilihat dari hasil uji hipotesis yang diperoleh dalam perhitungan (yaitu t0 = 8.656) adalah lebih besar dari pada tt (baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf signifikasi 1%.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Sakti, “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang”, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 7, no. 1, pp. 59-70, Jul. 2018.
Section
Articles

References

[1] Suryani, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.
[2] M. Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011.
[3] W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012.