Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Hidrokarbon

Main Article Content

Riska Yusniawan Muhammad Isnaini Etrie Jayanti

Abstract

Penelitian ini merupakan R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap LKPD kimia terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi hidrokarbon. Prosedur pengembangan dari penelitian ini mengadopsi model Borg & Gall sampai tahap ketujuh. Penelitian ini melibatkan tiga validator yaitu validator ahli desain/media, ahli integrasi nilai-nilai Islam dan ahli materi. Subjek uji coba skala kecil dan uji coba skala menengah adalah peserta didik SMA N 3 Talang Ubi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan pedoman wawancara.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD kimia terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi hidrokarbon memperoleh persentase dari ahli desain/media sebesar 85,41% dengan kategori sangat valid, ahli integrasi nilai-nilai Islam memperoleh persentase sebesar 75% dengan kategori valid, dan ahli materi memperoleh persentase sebesar 90,90% dengan kategori sangat valid. Rata-rata persentase nilai dari ketiga validator yaitu 83,77% dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik terhadap LKPD kimia terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi hidrokarbon dapat dikategorikan sangat menarik, dimana pada uji coba skala kecil memperoleh persentase nilai sebesar 86,90% dengan kategori sangat menarik, pada uji coba skala menengah memperoleh persentase sebesar 86,27% dan dinyatakan sangat menarik.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Yusniawan, M. Isnaini, and E. Jayanti, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Hidrokarbon”, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 8, no. 2, pp. 181-190, Dec. 2019.
Section
Articles

References

Asmara, Anjar Purba. “Kajian Integrasi Nilai-Nilai Karakter Islami Dengan Kimia Dalam Materi Kimia Karbon.” JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) 4, no. 2 (2016): 1–11.
Darmawan, A. Pengembangan Modul Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Pada Pokok Bahasan Minyak Bumi Untuk Siswa SMA. Medan, 2016.
Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Munandar, Haris, Yusrizal Yusrizal, and Mustanir Mustanir. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 3, no. 1 (2015): 27–37.
Penyusun, Tim. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud, 2016.
Rizkiah, Alin Wahyu. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DISCUSSION ACTIVITY YANG TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN PICTORIAL RIDDLE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS VII MTs NURUL ISLAM LAMPUNG SELATAN.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Wiyani, H A. Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.
Yanuardianto, Elga. “Pendidikan Karakter Anak (Studi Komparasi Pemikiran Thomas Lickona Dan Abdullah Nasih Ulwan).” Tesis, 2015.