http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/issue/feed INTELEKTUALITA 2017-12-18T14:35:18+00:00 Afriantoni imraniantoni@gmail.com Open Journal Systems <div><strong>Intelektualita: Jurnal Kajian Islam, Sosial dan Sains <a title="ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1356077701" target="_blank">(ISSN: 2303 - 2952)</a> </strong>merupakan jurnal yang diterbitkan oleh <a title="UIN Raden Fatah Palembang" href="http://www.radenfatah.ac.id/" target="_blank"><strong>Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.</strong></a> <strong>Intelektualita </strong>fokus pada kajian Islam, Sosial, dan Sains. Artikel-artikel yang diterbitkan berasal dari peneliti-peneliti muda (mahasiswa S1, S2, dan S3) pada tingkat regional, nasional, bahkan internasional yang memiliki wawasan luas di bidang kajian masing-masing.</div><div> </div><div><strong>Intelektualita </strong>hadir sebagai publikasi ilmiah untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam mewujudkan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Penelitian dan Pengembangan; membangkitkan budaya <em>journal writing</em> di kalangan mahasiswa; dan sebagai upaya mewujudkan universitas-universitas di Indonesia khususnya PTKI sebagai universitas riset  dalam mencapai <strong><em>World Class University.</em></strong><em></em></div><div><em><br /></em></div><div>Melalui media publikasi ini, kami berharap para peneliti muda dapat mengirimkan hasil penelitiannya dari berbagai pendekatan ke redaksi kami untuk diterbitkan. Bagi peneliti yang tertarik untuk mempublikasikan artikelnya, Silahkan baca pedoman enulisan dengan cermat. Setiap naskah yang dikirim ke kantor redaksi <strong>Intelektualita: Jurnal Kajian Islam, Sosial, dan Sains</strong> harus mengikuti pedoman penulisan. Jika naskah tidak sesuai dengan pedoman penulis atau naskah yang ditulis dengan format yang berbeda, artikel akan ditolak untuk penulis sebelum ditinjau lebih lanjut. Hanya menerima naskah yang memenuhi format yang <strong>Intelektualita: Jurnal Kajian Islam, Sosial, dan Sains. </strong></div><div> </div><div>Kami Redaksi <strong>Intelektualita: Jurnal Kajian Islam, Sosial, dan Sains </strong>berkomitmen memenuhi hak para penulis (<em>Digital Object Identifier (DOI) </em>dari Crossref; jurnal cetak; dan cetak lepas) dan menjunjung tinggi nilai-nilai pada Etika Publikasi Ilmiah. Salam Jurnal !!!</div><div> </div> http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1603 Migrasi Bugis dan Madura di Selatan Papua Barat: Perjumpaan Etnis dan Agama di Minoritas Muslim 2017-12-18T14:35:16+00:00 Ismail Suardi Wekke nilawatizaini@yahoo.com <p>Bugis and Madura already reach eastern part of Nusantara since 15th century. Both Indonesian ethnic have migration tradition as the common identity. With traditional transportation, they explore Makassar to Banda, and from Sampang to Surabaya. This research was conducted for six months. It was extended to three months. Therefore, research duration was nine months. Observation and in-depth interview were conducted to collect data. This research was conducted in Eastern part of Indonesia. Papua Island, Maluku, and surrounding islands those locate from capital city. It is known small island, big issues of criminality and others notorious issues. On the other hand, it is a peaceful area and multicultural society. Bugis and Madura among reside on those islands. They mainly concerned with fishing, business, and maritime activities. The notion of social interaction in economic activities sees cooperation and recognition. This research also argues that religious interaction and collective life emerge between Bugis and Madura and other ethnics. They construct new identity as Papua Bugis and social harmony Madura of Java. They establish migration on the basis of economic and social interest. Furthermore, this article concludes that they participate and construct as citizens in the society at large.</p> 2017-12-18T14:35:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1604 Sistem Informasi Elektronik Kuliah Kerja Nyata (E-KKN) Berbasis Web Service pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang 2017-12-18T14:35:16+00:00 Saipul Anwar saipulanwar@radenfatah.ac.id <p class="Default"><em>Tridharma</em> Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Salah satu tugasnya mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan perkuliahan. KKN dilaksanakan untuk membentuk jiwa sosial di lingkungan masyarakat Sumatera Selatan. Sistem ini mengintegrasikan <em>database</em> server PUSTIPD UIN Raden Fatah dalam proses pengambilan data mahasiswa yang akan dihubungkan dalam sistem E-KKN menggunakan teknologi <em>web service </em>dengan notasi JSON (<em>JavaScript Object Notation</em>).Sistem E-KKN dibangun untuk mempermudah proses pendaftaran Mahasiswa, penentuan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), desa dan kelompok mahasiswa antar fakultas serta proses validasi data KKN. Sistem ini dapat memberikan fungsi pembatas, mendeteksi total Satuan Kredit Semester (SKS) yang telah ditempuh mahasiswa yang terdapat dalam Sistem Informasi Akademik UIN Raden Fatah. Metode pengembangan sistem menggunakan RAD (<em>Rapid Aplication Development)</em> terdiri dari Pemodelan Bisnis, Pemodelan Data, Pemodelan Proses, Kontruksi dan Pengujian. Hasil akhir dari sistem ini dapat melihat informasi persentase jumlah pendaftaran KKN dalam bentuk grafik visual berdasarkan jenis kelamin, prodi dan fakultas serta dapat melihat data KKN di tahun sebelumnya.</p> 2017-12-18T14:35:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1605 Konsep Memberi Nafkah bagi Keluarga dalam Islam 2017-12-18T14:35:17+00:00 Ibnu Rozali naufalafif73@gmail.com <p>Para ulama memberikan satu batasan tentang makna nafkah, diantaranya sebagaimana tertulis dalam kitab <em>Mu’jamul Wasith</em>, yaitu apa-apa yang dikeluarkan oleh seorang suami untuk keluarganya berupa makanan, pakaian, tempat tinggal, dan yang selainnya. Nafkah ini juga mencakup keperluan istri sewaktu melahirkan, seperti pembiayaan bidan atau dokter yang menolong persalinan, biaya obat serta rumah sakit. Termasuk juga didalamnya adalah pemenuhan kebutuhan biologis isteri. Hukum memberi nafkah keluarga ini wajib atas suami, berdasarkan Al-Qur’an, hadits serta <em>Ijma’ ulama</em>.</p> 2017-12-18T14:35:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1606 Studi Analisis Fenomena Sosial Keagamaan “Duta” di Kota Kayuagung Kabupaten OKI 2017-12-18T14:35:17+00:00 Eva Kharisma bapakeilham@gmail.com <p>Penelitian ini berjudul “Studi Analisis Fenomena Sosial Keagamaan Terhadap Profesi <em>Duta </em>di Kota Kayuagung Kab. OKI”.<strong> </strong>Kayuagung merupakan generasi pemula yang<em> </em>memulai<em> </em>karir<em> </em>menjadi<em> </em><em>duta</em>,<em> </em>karena<em> </em>pada<em> </em>masa<em> </em>itu<em> </em>peraturan<em> </em>untuk<em> </em>melakukan perjalanan ke luar negeri belum secanggih sekarang, maka banyak dari para pemuda asal Kayuagung yang berangkat ke luar negeri untuk berkarir menjadi <em>duta</em>. Meskipun tingkat pendidikan mereka sangatlah rendah bahkan ada yang buta huruf, namun hal tersebut tidaklah menjadi<em> </em>kendala keberhasilan<em> </em>mereka dalam<em> </em>berkarir<em> </em>menjadi<em> </em><em>duta</em>.<em> </em>Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi para <em>duta </em>di Kota Kayuagung, mengetaui faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi kemunculan <em>duta </em>yang ada di Kota Kayuagung dan mengetahui bagaimana fenomena sosial keagamaan <em>duta </em>yang ada di Kota Kayuagung ini. Metode<em> </em>yang<em> </em>digunakan<em> </em>dalam<em> </em>penelitian<em> </em>ini<em> </em>adalah<em> </em>:<em> </em>deskriftif<em> </em>kualitatif,<em> </em>yakni dengan mengumpulkan data-data dari lapangan yang berkaitan dengan pokok permasalahan dalam penelitian, kemudian penulis analisa dengan cara induktif kualitatif yaitu penyusunan data dari khusus ke umum. Adapun informan dalam penelitian ini adalah para <em>duta </em>yang ada di Kota Kayuagung yang berjumlah 5 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para <em>duta </em>di Kota Kayuagung sangat diterima oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara yang menunjukkan bahwa para duta mempunyai sifat kedermawanan, ada juga sebagian masyarakat yang ingin ikut bergabung<em> </em>setelah<em> </em>mendengar<em> </em>keberhasilan<em> </em>mereka,<em> </em>dan<em> </em>mereka<em> </em>juga<em> </em>disebut<em> </em>sebagai pahlawan devisa. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi kemunculan <em>duta </em>yang ada di Kota Kayuagung ini antara lain yaitu faktor ekonomi, tuntutan gaya hidup yang semakin mewah, tekanan adat dan budaya serta pola pikir masyarakat yang masih kurang. Sedangkan fenomena sosial keagamaan para duta adalah melaksanakan acara yasinan dan do’a sebelum meaksanakan keberangkatannya, mendatangi para ulama untuk minta dido’akan, serta membantu para masyarakat yang membutuhkan dan membangun masjid, sekolah, dan jalan yang ada di lingkungan mereka, dan merekapun memberikan sumbangan ke masjid dan panti-panti asuhan.</p> 2017-12-18T14:35:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1607 Makna Kebahagiaan pada Lansia Muslim yang Tinggal di Panti Tresna Werdha Teratai Palembang 2017-12-18T14:35:17+00:00 Iin Nasri Impisari khakasi9@gmail.com <p>Penelitian ini berjudul “Makna Kebahagiaan pada Lansia Muslim yang Tinggal di Panti Tresna Werdha Teratai Palembang<strong>. </strong>Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami makna kebahagiaan manurut lansia yang tinggal di Panti Werdha. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penulis menggunakan metode fenomenologi, metode fenomenologi itu sendiri merupakan analisis deskriptif dan instrospektif tentang kedalaman dari semua bentuk kesadaran dan pengalaman langsung yang meliputi indrawi, konseptual, moral, estetis dan religius. Penelitian ini dilaksanakan dipanti Sosial Tresna Werdha Teratai Palembang. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Makna Kebahagiaan pada Lansia Muslim yang Tinggal di Panti Tresna Werdha Teratai Palembang, maka dapat di simpulkan bahwa semua subjek merasa bahagia tinggal di panti dan semua subjek memaknai kebahagiaan sebagai perasaan senang. Mereka merasa bahagia/senang karena semua kebutuhan hidupnya terpenuhi dan terjamin, subjek mempunyai banyak teman dan subjek juga tidak perlu memikirkan biaya hidup, seperti membayar sewa tempat tinggal dan membayar keperluan lainnya. <strong></strong></p> 2017-12-18T14:35:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1608 Perang Balkan dan Implikasinya terhadap Kehidupan Sosial-Politik Islam di Eropa Tenggara (1876-1914 M) 2017-12-18T14:35:17+00:00 Pebi Sapitri ismic.radenfatah@gmail.com <p>Penelitian ini mendeskripsikan rangkaian sejarah terjadinya Perang Balkan dan implikasi yang ditimbulkannya bagi kehidupan muslim di sana. Penelitian ini mengambil tiga permasalahan pokok yaitu (1) sebab terjadinya Perang Balkan, (2) kronologi perang Balkan, dan (3) Bagaimana implikasi perang Balkan terhadap kehidupan sosial-politik Islam di Eropa Tenggara.Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah.Dalam metode penelitian sejarah ada 4 tahapan yaitu (1) Heuristik, (2) Kritik Sumber/ Verifikasi, (3) Interpretasi dan (4) Historiografi.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu pendekatan politik dan sosiologi.Sementara teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah teori konflik dan teori perubahan sosial. Hasil penelitian yang penulis dapatkan ialah: secara kronologis perang Balkan diawali dengan permasalahan mengenai Macedonia yang pada akhirnya dijadikan alasan untuk melegitimasikan perang. Pada dasarnya, penyebab utama terjadinya perang Balkan ini ialah karena ambisi dan dendam pribadi antara masing-masing penguasa negeri Balkan dengan Kesultanan Turki Utsmani. Didorong pula oleh kemunduran kesultanan, dominasi Rusia, perang Turki-Itali (1911-1912), ide nasionalisme, propaganda, terbentuknya aliansi Balkan dan gagalnya diplomasi. Pecahnya perang Balkan bukan hanya mengakibatkan perubahan geo-politik akan tetapi juga merupakan malapetaka kemanusiaan bagi Muslim di Balkan yang saat itu harus menerima kenyataan bahwa keadaan mereka tidak lagi sama seperti ketika dipimpin oleh Muslim sebab otoritas telah beralih kepada non-Muslim.</p> 2017-12-18T14:35:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1609 Tinjauan Fiqh Jinayah terhadap Pencemaran Nama Baik 2017-12-18T14:35:17+00:00 Mareta Bayu Sugara rifaniqolbi@gmail.com <p>Realitas<em> </em>menunjukkan<em> </em>ada<em> </em>tindakan<em> </em>salah<em> </em>tangkap<em> </em>yang menyebabkan pencemaran nama<em> </em>baik<em> </em>seseorang<em> </em>yang<em> </em>dilakukan aparat. Sehingga patut diteliti dalam bentuk skripsi dengan judul:<em> </em>“Tinjauan Fiqh Jinayah terhadap Pencemaran Nama Baik’’. Dalam<em> </em>usaha<em> </em>menjawab masalah dalam<em> </em>penelitian ini,<em> </em>penulis menggunakan penelitian kepustakaan, yaitu dengan melakukan penelitian terhadap bahan kepustakaan, selanjutnya dilakukan analisis yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.<em> </em>Kajian dilakukan dengan pendekatan yuridis normatif. Penelitian hukum<em> </em>normatif adalah<em> </em>penelitian hukum<em> </em>yang<em> </em>dilakukan dengan<em> </em>cara<em> </em>meneliti bahan<em> </em>kepustakaan atau<em> </em>data sekunder belaka. Hasil<em> </em>Penelitian<em> </em>menunjukkan<em> </em>bahwa<em> </em>perbuatan<em> </em>pencemaran<em> </em>nama baik atau mencemarkan<em> </em>kehormatan<em> </em>orang mempunyai<em> </em>arti yang sama dengan perbuatan<em> </em>menista<em> </em>seperti<em> </em>yang diatur<em> </em>dalam Pasal 130 KUHP. Tentu perbuatan pencemaran nama baik adalah suatu perbuatan yang melanggar hukum, baik itu dengan lisan maupun dengan tulisan. yang menyerang<em> </em>kehormatan<em> </em>seseorang yang mengakibatkan rusaknya nama baik atau reputasi seseorang, dengan menyebarkan<em> </em>berita<em> </em>yang<em> </em>tidak<em> </em>sesuai<em> </em>dengan<em> </em>fakta,<em> </em>dan<em> </em>menyebarkan<em> </em>berita tersebut kepada khalayak ramai yang bisa menimbulkan<em> </em>kerugian bagi pihak yang bersangkutan.<em> </em>Akhirnya<em> </em>Fiqh<em> </em>Jinayah<em> </em>memandang<em> </em>bahwa<em> </em>tindak<em> </em>pidana Pencemaran<em> </em>nama<em> </em>baik<em> </em>adalah<em> </em>perbuatan<em> </em>yang<em> </em>diharamkan<em> </em>dan masuk kategori<em> </em>hukuman<em> </em>ta’zir<em> </em>(ditetapkan<em> </em>oleh<em> </em>hakim<em> </em>sebagai<em> </em>pengemban legitimasi di bidang penjatuhan hukuman).</p> 2017-12-18T14:35:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1610 Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham di JII (Studi Kasus pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, TBK Periode 2011-2015) 2017-12-18T14:35:17+00:00 Puti Aulia M rubamajumadil@gmail.com <p>Penelitian ini berjudul “Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham di JII (Studi Kasus pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, TBK Periode 2011-2015)<strong>”. </strong>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh <em>Return On Asset</em> (ROA) dan <em>Return On Equity</em> (ROE) secara parsial terhadap harga saham di JII (studi kasus pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Periode 2011-2015) dan untuk mengetahui pengaruh<em>Return On Asset</em> (ROA) dan <em>Return On Equity</em><em> </em>(ROE) secara simultan terhadap harga saham di JII (studi kasus pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk periode 2011-2015). Penelitian ini merupakan penelitian kausal, penelitian kausal merupakan bentuk penelitian yang sifatnya sebab-akibat, artinya keadaan satu variabel disebabkan atau ditentukan oleh keadaan satu atau lebih variabel lain. Penelitian kausal akan menghasilkan data dalam bentuk angka sehingga data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel-variabel independen ROA dan ROE secara simultan mempengaruhi variabel dependen yaitu harga saham di <em>Jakarta Islamic Index</em> (JII). Hal ini ditunjukkan bahwa nilai F test (F<sub>hitung</sub>) sebesar 17,946 dengan signifikan 0,000 atau F<sub>hitung </sub>&gt; F<sub>tabel </sub>(17,946 &gt; 3,59). Variabel-variabel independen ROA dan ROE secara parsial masing-masing mempunyai pengaruh sebagai berikut: <em>Return On Assets</em> (ROA) memberikan pengaruh positif terhadapa harga saham dalam <em>Jakarta Islamic Index (JII)</em>yang ditunjukkan dengan nilai t test (t<sub>hitung</sub>) sebesar -5,989 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 (dibawah 0,05) atau t<sub>hitung  </sub>&lt; t<sub>tabel</sub> ( -5,989 &lt; -2,10092) dan <em>Return On Equity </em>(ROE) memberikan pengaruh positif terhadap harga saham dalam <em>Jakarta Islamic Index (JII) </em>yang ditunjukkan oleh nilai t test (t<sub>hitung</sub>) sebesar 5,867 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (di bawah 0,05) atau t<sub>hitung</sub>&gt; t <sub>tabel</sub>  (5,867 &gt; 2,10092).</p> 2017-12-18T14:35:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1611 Ajaran Taoisme dan Mistisisme Islam (Studi Komparatif) 2017-12-18T14:35:17+00:00 Toha Rudin ervinadidi@gmail.com <p>Dalam pembahasan ini menunjukkan bahwa: Ajaran Taoisme adalah ajaran yang lebih menekankan pada perbaikan akhlak umat manusia yang sudah rusak, kemudian untuk dapat menjadi manusia yang bijaksana dengan tujuan terakhir yaitu untuk mendapatkan kebahagian yang kekal dengan cara menyatu dengan Tao (Tuhan). Mistisisme Islam juga bertujuan untuk pembinaan aspek moral untuk mewujudkan kestabilan jiwa yang berkesinambungan, penguasaan dan pengendalian hawa nafsu sehingga manusia istiqomah dalam pendirianya. Dalam hal ini yang paling ditekankan adalah membina akhlak, baik akhlak kepada sesama mansia dan lebih lagi kepada Allah. Perbedaan antara Ajaran Taoisme dan Mistisisme Islam yaitu: Mistisisme Islam bersumber dari al-Qur’an dan Hadis Nabi Saw, sedangkan ajaran Taoisme bersumber dari kitab Tao Te Ching yang merupakan ajaran Lao Tze yang berisi filsafat, hikmah dan jalan hidup. Adapun persamaan antara Ajaran Taoisme dan Mistisisme Islam yaitu: Sama-sama bertujuan untuk pembinaan aspek moral yang bertujuan mewujudkan kestabilan jiwa yang berkesinambungan, penguasaan dan pengendalian hawa nafsu sehingga manusia istiqomah dalam pendirianya. Dalam hal ini yang paling ditekankan adalah pembinaan akhlak, baik akhlak kepada sesama manusia, terlebih lagi akhlak kepada Allah Swt. </p> 2017-12-18T14:35:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/1612 Persimpangan Antara Agama dan Budaya (Proses Akulturasi Islam dengan Slametan dalam Budaya Jawa) 2017-12-18T14:35:18+00:00 Ryko Adiansyah dhamawaddah1992@gmail.com <p>Konsep slametan berakar dari budaya asli Jawa yaitu diawali dengan bekeyakianan animisme dan dinamisme yang pada dasarnya adalah keyakinan nenek moyang, dan selanjutnya dihidupkan dan diperkaya oleh budaya Hindu dan Buddha yang mempercayai adanya dewa-dewa yang berwujud benda-benda dan kejadian alam. Masuknya Islam di Jawa menggunakan pola “damai” dengan persuasi sehingga masih terdapat simbol-simbol budaya masa lalu yaitu animisme-dinamis, Hindu-Buddha yang masih menjadi “pola” pikir dan paradigma masyarakat Jawa. Slametan adalah konsep universal yang di setiap tempat pasti ada dengan nama yang berbeda dan bermacam cara pula. Hal ini karena kesadaran akan diri yang “lemah” di hadapan kekuatan-kekuatan di luar diri manusia. Di Jawa Kuno, kekuatan diri adalah kekuatan benda dan ruh nenek-moyang yang pada saat Islam datang ditranformasikan pada selamat dari kekuatan Tuhan yang dapat merugikan diri manusia.</p> 2017-12-18T14:35:18+00:00 ##submission.copyrightStatement##