Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Main Article Content

Nurun Nubuwah Nur Fajar Arief Dzulfikar Rodafi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Islam Al Maarif 01 Singosari Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pasif, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler meliputi nilai akidah seperti kegiatan membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan, Seni Baca Al-Qur’an, SKU (Syarat Kecakapan Ubudiyah) dan Keputrian serta  peringatan hari besar Islam; nilai syariah seperti peduli kebersihan, salat Duha, salat Zuhur, amal hari Jumat, bakti sosial, dan nilai akhlak seperti disiplin, budaya 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun), dan upacara bendera. Proses internalisasi terdiri dari 3 tahap yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap transinternalisasi. Sedangkan metode internalisasi terdapat 3 metode, yaitu metode pemberian motivasi, pembiasaan, dan teladan yang baik keteladanan (uswatun hasanah).

Article Details

How to Cite
Nubuwah, Nurun, Nur Arief, and Dzulfikar Rodafi. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler”. Intizar 29, no. 1 (August 16, 2023): 45-57. Accessed February 27, 2024. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/14970.
Section
Artikel