Pengaruh Rasio Keuangan Early Warning System terhadap Tingkat Solvabilitas pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Main Article Content

Feri Prayogi Nurul Inayah Aqwa Naser Daulay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio likuiditas, rasio beban klaim, dan rasio pertumbuhan premi terhadap tingkat solvabilitas yang diproksikan dengan Risk Based Capital (RBC). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan berjumlah 10 perusahaan yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari website resmi BEI yaitu www.idx.co.id dengan metode analisis data menggunakan uji statistic deskrptif, uji regresi linear berganda, uji t parsial, uji f simultan dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap risk based capital artinya menunjukkan bahwa likuiditas memberikan kontribusi yang besar terhadap risk based capital; Rasio beban klaim berpengaruh positif dan signifikan terhadap risk based capital artinya menunjukkan bahwa rasio beban klaim memberikan kontribusi yang besar terhadap risk based capital; Pertumbuhan premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap risk based capital artinya menunjukkan bahwa pertumbuhan premi memberikan kontribusi yang besar terhadap risk based capital. Berdasarkan Uji F, likuiditas, rasio beban klaim, dan pertumbuhan premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap risk-based capital.

Article Details

How to Cite
Prayogi, Feri, Nurul Inayah, and Aqwa Daulay. “Pengaruh Rasio Keuangan Early Warning System Terhadap Tingkat Solvabilitas Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Intizar 29, no. 1 (September 25, 2023): 99-107. Accessed February 27, 2024. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/19481.
Section
Artikel