Gelar Adat dalam Upacara Perkawinan Adat Masyarakat Komering di Sukarami Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan

Main Article Content

Misyuraidah Misyuraidah

Abstract

Berbicara tentang Budaya Melayu, Suku Komering adalah  rumpun budaya melayu  yang memiliki beragam  suku,  dengan beragamnya suku-suku yang ada di Suku Komering  maka dapat di jumpai bermacam-macam adat istiadat,  tradisi,  dan kesenian yang ada dan sampai pada saat sekarang  masih tetap di lestarikan. Hal unik yang akan diteliti di sini adalah gelar adat yang diberikan kepada kedua mempelai dalam upacara perkawinan masyarakat Komering di Sukarami, OKI (Ogan Komering Ilir), Sumatera Selatan. Gelar adat yang dimaksud dalam konteks ini adalah simbol penghormatan terhadap seseorang yang telah menginjak dewasa yang ditandai dengan suatu perkawinan. Ukuran dewasa seorang ditentukan apabila telah berumah tangga. Oleh karena itu, untuk setiap pria pada saat upacara perkawinan ia harus diberi gelar adat, serta mempelai wanitanya juga. Tradisi pemberian gelar adat memiliki implikasi sosial dalam masyarakat berupa pemaknaan gelar adat tersebut di dalam kesehariannya.

Article Details

How to Cite
Misyuraidah, M. ( ). Gelar Adat dalam Upacara Perkawinan Adat Masyarakat Komering di Sukarami Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Intizar, 23(2), 241-260. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intizar.v23i2.2239
Section
Artikel

References

Ajawaila, J. W. (2003). Identitas Budaya: Aku dalam Budaya Lokal, Budaya Nasional dan Budaya Global, dalam Dialog Budaya Wahana Pelesatrian dan Pengembangan Kebudayaan Bangsa. Jakarta: Badan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata.
Daldjoeni, N. (1991). Ras-ras Umat Manusia: Biogeografis, Kulturhistoris, Sosiopolitis. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Engineer, A. A. (1994). Hak-Hak Perempaun dalam Islam. Bandung: LSPPA.
Hadikusuma, H. (1989). Masyarakat dan Adat-Budaya Lampung. Bandung: Mandar Maju.
Herusatoto, B. (1984). Simbolisme dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hanindita.
Ismail, H., & Ismail, A. (2002). Adat Perkawinan Komering Ulu. Palembang: Unanti Press.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.