Abstract

Keberagaman adalah realita. Suka atau tidak suka, kita tak terhindarkan akan saling bersinggungan di era globalisasi ini. Sehubungan dengan ini, peneliti menggali kepribadian multikultural (multicultural personality) 24 orang mahasiswa KKN UIN Raden Fatah Palembang angkatan ke 67 tahun 2017 yang berasal dari berbagai latar belakang budaya berbeda, dan mereka berinteraksi dengan masyarakat setempat yang latar belakang budayanya juga berbeda. Lokasi KKN tersebut bertempat di Desa Bangun Sari, Desa Suka Damai, dan Desa Muara Sugih Kabupaten Banyu Asin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level kepribadian multikultural (Multicultural Personality Questionnaire) sampel, apakah berada pada kategori tinggi, sedang, atau rendah, dan mendeskripsikan dimensi paling dominan pada kepribadian multikultural mereka.
Data tentang  kepribadian multikultural didapat melalui penyebaran Kuesioner Kepribadian Multikultural (Multicultural Personality Questionnaire/MPQ). Hasil kuesioner kemudian dianalisis dan diberi sekor berdasarkan rubrik oleh Van der Zee et al. Akhirnya sekor itu dijumlahkan dan dikategorikan juga menggunakan rubrik Van der Zee et al. tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian multikultural mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang di Desa Bangun Sari, Kabupaten Banyu Asin berada pada kategori tinggi (pada rentang sekor 281-400) dengan sekor rata-rata 282; kepribadian multikultural mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang di Desa Suka Damai berada pada kategori tinggi dengan sekor rata-rata 282; dan kepribadian multikultural mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang di Desa Muara Sugih, berada pada kategori tinggi dengan sekor rata-rata 291.  
Dari 5 dimensi yang ada pada kepribadian multikultural yaitu dimensi empati budaya, fleksibilitas, inisiatif sosial, kestabilan emosi dan keterbukaan pikiran, dimensi kestabilan emosi menjadi dimensi paling dominan pada kepribadian multikultural Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang di Desa Bangun Sari, Kabupaten Banyu Asin dengan rata-rata sekor 62,63; dimensi paling dominan pada kepribadian multikultural Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang di Desa Suka Damai adalah dimensi kestabilan emosi dengan rata-rata sekor 60,39; dan dimensi paling dominan pada kepribadian multikultural Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang di Desa Muara Sugih adalah dimensi kestabilan emosi dengan rata-rata sekor 61,81.