Psikoterapi al-Qur’an Sebagai Sebuah Konsep dan Model

Main Article Content

Lukmanul Hakim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui gambaran psikoterapi Quran sebagai konsep dan model serta implikasinya bagi kesehatan mental. Manfaat dari penelitian ini, untuk menjadi bagian dari pengembangan dan penguatan teori psikologi Islam, khususnya di bidang psikoterapi dan kesehatan mental. Variabel penelitian yang akan dikaji adalah psikoterapi Quran sebagai konsep dan model. Konsep yang menggambarkan desain atau ide Qur'an tentang visi manusia dan misi sebagai khalifatullah fi al-ardh (pengganti Allah di bumi) dan sebagai hamba Allah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa psikoterapi Quran memiliki jangkauan yang lebih luas dari psikologi umum. Selain memperhatikan proses penyembuhan, penekanan pada upaya perbaikan diri, seperti membersihkan hati, efek impuls primitif menguasai, meningkatkan derajat nafs, menumbuhkan moral yang baik dan meningkatkan potensi untuk menjalankan amanah sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi. Juga mengembalikan seseorang dengan alam suci atau kembali ke jalan yang lurus, yang berarti bahwa psikoterapi Qur'an juga memberikan bimbingan kepada seseorang untuk menemukan esensi dari dirinya, menemukan Tuhan dan menemukan rahasia Allah.The purpose of the research, know the description of psychotherapy Koran as a concept and model, and its implications for mental health. Benefits of the research, to be part of the development and strengthening of the psychological theories of Islam, especially in the field of psychotherapy and mental health. The research variables to be studied is psychotherapy Koran as a concept and model. The concept that describes a design or idea Qur'an about human vision and mission as khalifatullah fi al-ard (successor of Allah on earth) and as a servant of Allah (servant/ worshiper of Allah). And models that describe the pattern (eg, reference, range and so on) of psychotherapy Koran on cognitive and mental aspects. The results of the study that while psychotherapy Koran scope and a wider range of general psychology or psychotherapy. In addition to paying attention to the healing process, emphasis on self-improvement efforts, such as cleaning the heart, mastering effects of primitive impulse, increasing the degree of nafs, cultivate good moral and increase the potential to carry out the mandate as a servant of God and inheritors of the earth. Also restores a person by nature is sacred or go back to the straight path, meaning that psychotherapy Qur'an also gives guidance to somebody to find the essence of himself, find his God and discover the secrets of God.

Article Details

How to Cite
Hakim, Lukmanul. “Psikoterapi Al-Qur’an Sebagai Sebuah Konsep Dan Model”. Intizar 19, no. 1 (March 22, 2016): 69-82. Accessed February 27, 2024. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/403.
Section
Artikel

References

Al-Qur’an al-Karîm dan Terjemahannya. Saudi Arabia: Mujamma’ al-Malik Fahd li Thibâ’ah, al-Mushhaf al-Syarîf, 1418H.
Azra, Azyumardi (Ed.). Sejarah dan Ulûm Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001. cet. III.
Baghawî, al-, Abu Muhammad al-Husayn bin Mas’ûd al-Farâ (w. 510 H). (1985). Ma’alim al-Tanzîl fi Tafsîr wa al-Ta’wîl. Beirut: Dâr al-Fikr.
Cawidu, Harifuddin. Konsep Kufr dalam Al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang, 1991, cet. I.
Farmawy, al Abdul Hai. al-Bidâyah fi Tafsîr al-Mauwdhu’î. Kairo: al-Hadara l-Arabiyah, 1977, cet. II.
Abdul Djalal. Ulumul Qur’an. Surabaya: Dunia Ilmu. 2000, cet. II.
Ibn Katsîr. Tafsîr Al-Qur’an al-’Adzîm. Kairo: Dâr Masr li al-Thibâ’ah, t. tp..
Marâghî, al-, Ahmad Musthafâ. Tafsîr al-Marâghî. Bayrût: Dâr al-Fikr, ttp.
Qurthubi, al-, Abu Abdillah Muhammad al-Anshârî. (1993). al-Jâmî’ li Ahkâm Al-Qur’an, Bairut: Dâr al-Fikr.
Quthub, Sayyid. (1994). Fi Zhilâl Al-Qur’an. Bayrut: Dâr al-Syurûq.
Rahman, Fazlur. (1995). Tema Pokok Al-Qur’an. Bandung: Pustaka.
Rahman, Jalaluddin. Konsep Manusia Menurut Al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang, 1992. cet. I.
Râzî, al-, Muhammad (w. 604 H). (1995). Mafâtîh al-Ghayb. Bairut: Dâr al-Fikr.
Ridhâ Rashîd. Tafsîr al-Manâr. Bayrut: Dâr al-Fikr, t. tp.
Shihab, Muhammad Quraish. (2000). Tafsir al-Misbah. Ciputat: Lentera Hati.
____________(1996) Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan. cet. IV.
____________(1995). Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan. cet. XI.
Sya’rawî, al-, Mutawallî. Tafsîr al-Sya’rawî. Kairo: Akhbar al-Yaum, t.tp.
Thabarî, al-, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. Jâmi’ al-Bayân ’an Ta’wîl Al-Qur’an. Bairut: Dâr al-Kutub al-’Alamiyyah. t.tp.
Thaba’thaba’î, al-, Muhammad Husayn. al-Mizân fi Tafsîr Al-Qur’an. Teheran: Mu’assasah Dâr al-Kutub al-Islâmiyah. 1396 H.
Zamakhsyarî, al-, Mahmûd bin Umar bin Muhammad. (1998). Tafsîr al-Kasysyâf. Bairut: Dar al-Kutub Libnâni.
Zarkasyi, al-, Badr al-Dîn Abdillah. (1957). al-Burhân fi Ulûm Al-Qur’an. Mesir: ’Isa al-Bâb al-Halabî.
Zarqânî, al-, Muhammad Abdul’Adzîm. Manahil al-’Irfân fi Ulûm Al-Qur’an. Kairo: Dar Ihya al-Kutub al-’Arabiyah, t.tp., jld I.
Zuhailî, al-, Wahbah. (1991). Tafsîr al-Munîr. Beirut: Dâr al-Fikr.
Bukhârî, al-, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughîrah. al-Jâmi’ al-Shahîh (Shahîh Bukhârî), t. tp.:Mutabi’ al-Sya’b, t.th.
Muslim, Abu al-Husayn bin al-Hijjaj al-Qusyayrî (1967). Jâmi’ al-Shahîh (Shahîh Muslim). t.tp: ‘Isa al-Bâbî al-Halabî wa Syurakah.
Abdul Bâqî, Muhammad Fuâd. (1994). al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadz Al-Qur’an al-Karim, Kairo: Dar al Hadis.
Ali, Atabik, dan Ahmad Zuhdi Muhdlor (1999). Kamus Kontemporer Arab – Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika.
Ashfahânî, al-, Husein bin Muhammad al-Raghîb. Mu’jam Mufradât Alfadz Al-Qur’an. Bayrut: Dâr al-Fikr, t.tp.
Ba’alkî, al-, Rûhî (1995). al-Mawrid a Modern Arabic - English Dictionary. Beirut: Dar al-ilm lil Malayin. cet. VII.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. cet. IV.
Harun, Salman dkk (Ed.). (1997). Ensiklopedia Kajian Kosa Kata dan Tafsirnya. Jakarta: Yayasan Bimantara.
Ibn Fâris, (1969). Mu’jam al-Maqâyis fi al-Lughah. Mesir: Maktabah Mushthafa al-Bâbî al-Halabî.
Ibn Hasan, Ahmad. Fath al-Rahman liThâlib Âyât Al-Qur’an. Beirut: t.np., 1322 H.
Ibn Manzhûr (1999). (w. 711 H). Lisân al-Arab. Bayrut: Dâr Ihyâ al-Turâts al-‘Arabî.
Qal’ajî, Muhammad Rawwâs dan Hamîd Shâdîq Qunaibî. Mu’jam Lughah al-Fuqahâ Araby – Inklizî. Dictionary of Islamic Legal Terminology Arabic - English.
Rahardjo, Dawam. (2002). Ensiklopedi Al-Qur’an, Jakarta: Paramadina. cet. II.
Ibn Khaldûn, Abdurrahman. (1993). Muqaddimah Ibn Khaldûn. Bayrut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah. cet. I.
Al-Qardhawi, Yusuf. (2000). Bagaimana Berinteraksi dengan Al-Qur’an. diterjemahkan oleh Kathur Suhardi. Pustaka Al-Kautsar: Jakarta
___________, Iman dan Kehidupan, dialihbahasakan oleh Fachruddin HS, Bulan Bintang: Jakarta
Bungin, Burhan, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta
Moleong. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke 21 PT Remaja Rosdakarya, Jakarta, Suprayogo, Imam dan Tobroni. (2003). Metodologi Penelitian Sosial Agama, Cet. Kedua, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung
Al-Munawar, Said Agil. (2002). Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Ciputat Pers: Jakarta
Al-Ghazali, Muhammad. (1999). Berdialog dengan Al-Qur’an. Mizan: Bandung
Rahman, Fazlur. (1980). Tema Pokok Al-Qur’an. Pustaka: Bandung
Mujib, Abdul. (2006). Kepribadian dalam Psikologi Islam. Rajagrafindo Persada. Jakarta
As-Segaf, Muhammada Ali Toha. (2008). Smart Healing Kiat Hidup Sehat Menurut Nabi. Pustaka al-Kautsar: Jakarta.
Shaleh, Abdul Rahman, dkk. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Prenada Media: Jakarta.