Pola Komunikasi Ritual Kembar Mayang: Kajian Etnografi Komunikasi pada Etnis Jawa

Main Article Content

Fitriyani Fitriyani Muhammad Adil KA Bukhori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi komunikasi, peristiwa komunikasi, tindak komunikasi, serta pola-pola komunikasi dalam ritual Kembar Mayang. Penelitian ini menggunakan teori etnografi komunikasi dan interaksionisme simbolik dengan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi komunikasi dengan menganalisa komponen-komponen komunikasi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi tanpa partisipan, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terbentuk meliputi pola komunikasi satu arah dan pola komunikasi dua arah. Untuk gaya komunikasi pada ritual Kembar Mayang menggunakan gaya komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal. Jenis komunikasi pada tradisi ini menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Sedangkan fungsi komunikasi tradisi Kembar Mayang tertuju pada komunikasi ritual dan komunikasi sosial.

Article Details

How to Cite
Fitriyani, Fitriyani, Muhammad Adil, and KA Bukhori. “Pola Komunikasi Ritual Kembar Mayang: Kajian Etnografi Komunikasi Pada Etnis Jawa”. Intizar 26, no. 2 ( ): 81-94. Accessed March 4, 2024. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/7854.
Section
Artikel

References

Kuswarno, E. (2008). Metode Penelitian Komunikasi Etnografi Komunikasi. Widya Padjajaran.
Mistaram. (2010). Upacara Tebus Kembar Mayang Dalam Perkawinan Masyarakat Pesisiran Suatu Interpretasi Simbolik.
Mulyana, D. (2005). Komunikasi Antar Budaya. Remaja Rosdakarya.
Musowir, A. (2019). Komunikasi Ritual Adat Masyarakat Seba Studi Etnografi Komunikasi Masyarakat Seba. Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik Universitas Komputer.
Sucipto, T. (2003). Potret Kehidupan Masyarakat Kampung Pulo. Penelitian pada Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional.