Teologi Sains: Refleksi Implementasi Integrasi Ilmu di Indonesia

Main Article Content

Wahyudin Darmalaksana Busro Busro

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kenyataan kurang populernya teologi sains di Indonesia, padahal subjek ini tengah digulirkan melalui isu intergrasi ilmu di tanah air. Sehingga dirasakan perlu dilakukan penelitian dengan tujuan membahas teologi sains yang mengejawantah dalam bentuk gerakan keislaman di Indonesia. Penelitian jenis kualitatif melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan pendekatan sejarah dan etnografi ini membuahkan hasil ditemukannya keberlangsungan titik temu agama Islam dan sains membentuk gerakan teologi sains di Indonesia. Penelitian ini menyimpulkan gerakan teologi sains terwujud melalui titik temu antara agama Islam dan sains berpulang pada metodologi dan pendekatan yang diterapkan. Rekomendasi penelitian ini ditujukan bagi penyelenggara pendidikan tinggi Islam untuk memfasilitasi titik temu Islam dan sains serta teknologi.  

Article Details

How to Cite
Darmalaksana, Wahyudin, and Busro Busro. “Teologi Sains: Refleksi Implementasi Integrasi Ilmu Di Indonesia”. Intizar 26, no. 2 ( ): 55-64. Accessed March 4, 2024. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/7855.
Section
Artikel

References

Alias, M. S. (2019). Teleological Analysis of Scientific Research Based on Masterpiece’s Prefaces of al-Khawarizmi, Ibn al-Haytham and al-Biruni. Jurnal Hadhari: An International Journal, 11(2), 179–194.
Asmani, J. M. (2017). Rekonstruksi Teologi Radikalisme di Indonesia, Menuju Islam Rahmatan Lil Alamin. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 4(1), 3–18.
Badarussyamsi, B. (2015). Spiritualitas Sains Dalam Islam: Mengungkap Teologi Saintifik Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 39(2).
Basri, H. (2019). Teologi Sains: Mengatasi Dikotomi Sains-Agama Perspekif Islam. Jurnal Pemikiran Islam Vol, 5(2).
Darda, A. (2016). Integrasi ilmu dan agama: Perkembangan konseptual di Indonesia. At-Ta’dib, 10(1).
Darmalaksana, W. (2020a). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, W. (2020b). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, W., & Qomaruzzaman, B. (2020). Teologi Terapan dalam Islam: Sebuah Syarah Hadis dengan Pendekatan High Order Thinking Skill. Khazanah Theologia, 2(3), 119–131.
Istikomah, I. (2019). Integrasi Sains dan Agama Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Mengikis Dikotomi Ilmu. Tadrisuna: Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Keislaman, 2(1), 66–78.
Kamal, T. (2019). Urgensi Studi Teologi Sosial Islam. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 22–38.
Konsorsium. (2016). Trilogi Wahyu Memandu Ilmu. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Muhajir, M. (2018). Pendekatan Teologis Normatif. Jurnal An-Nawa, 15(2).
Natsir, N F. (2013). Paradigma Wahyu Memandu Ilmu dalam Pembidangan Ilmu-Ilmu Keislaman. Tersedia Online: Http://Www. Uinsgd. Ac. Id/Front/Detail/Mengenal_tokoh/Nanat-Fatah-Natsir.
Natsir, Nanat Fatah. (2006). Pandangan Keilmuan UIN, Wahyu Memandu Ilmu. Bandung: Gunung Djati Press.
Nugraha, M. T. (2020). Integrasi Ilmu dan Agama: Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum di Perguruan Tinggi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 29–37.
Penyusun. (2003). Himpunan Surat-surat Proses Transformasi IAIN-UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1998-2003. IAIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Rakhman, A. B. (2013). Teologi Sosial; Keniscayaan Keberagamaan yang Islami Berbasis Kemanusiaan. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 14(2), 161–182.
Said, N. (2013). Teologi Islam Kontekstual-Transformatif. FIKRAH, 1(1).
Shodiq, M. (2018). Pendekatan Tafsir Modern Interpretasi Teologis, Kultural, dan Logis. Al-Burhan| Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 18(2).
Sulaemang, S. L. (2016). Teknik Interpretasi Hadis dalam Kitab Syarah Al-Hadis. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 14(2), 125–132.
Syukur, M. A. (2003). Teologi Islam terapan: upaya antisipatif terhadap hedonisme kehidupan modern. Tiga Serangkai.
Tim Penyusun. (2019). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2498 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Integrasi Ilmu di PTKI.
Windiani, W., & Rahmawati, F. N. (2016). Menggunakan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial. DIMENSI-Journal of Sociology, 9(2).
Zaluchu, S. E. (2018). Mengkritisi Teologi Sekularisasi. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 4(1), 26–38.