PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN PTAIS DI SUMATERA SELATAN

Saipul Annur

Abstract


 Perpustakaan di lingkungan PTAIS  didirikan untuk mendayagunakan koleksi yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemakai. Perpustakaan yang hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku yang layak disebut perpustakaan. Karena itu di perlukan pelayanan pustakawan yang baik. Bagian pelayanan merupakan ujung tombak dai setiap perpustakaan. Layanan yang diberikan dengan baik dan ditambah penampilan yang cukup menarik maka citra perpustakaan dapat dijaga dengan baik dimata pemakai. Perpustakaan merupakan salah satu tempat membaca dan sumber belajar. Dengan ada nya bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan akan besar manfaatnya bagi pengunjung untuk mendapatkan informasi, hiburan dan pengetahuan. Berdasarkan hasil observasi awal penulis bahwa ada gejala kurangnya perencanaan, dan pengawasan, pegawai perpustakaan yang kurang ramah ketika berpapasan dengan pengunjung atau mahasiswa. Dan ada juga yang tidak mau membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan mencari bahan pustaka serta kurang memberikan bimbingan pengunjung tentang cara memanfaatkan perpustakaan. Pelayanan perpustakaan yang kurang baik dapat memberikan persepsi mahasiswa yang negatif dan juga berpengaruh terhadap perkembangan perpustakaan. Seperti kurang nya minat dan perhatian mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan. Akibatnya pengunjung kurang terdorong untuk membaca bahan pustaka di perpustakaan sehingga peran perpustakaan kurang berhasil menumbuhkan minat baca.

Keywords


Pelayanan Perpustakaan, PTAIS, dan Minat baca Mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Istinbath oleh http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/istinbath disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.