Pengaruh Integrasi Proses Reasearching Reasoning Reflecting (3R) pada Model Problem Basel Learning (PBL) terhadap Domain Pengetahuan Literasi Saintifik Siswa SMA Kelas X

  • A.I Irvani Mahasiswa Sekolah Pascarjana UPI Bandung
  • A Suhandi
  • L Hasanah
Keywords: Proses 3R, PBL, Pengetahuan Epistemik, Literasi Saintifik

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh integrasi proses ResearchingReasoningReflecting (3R) pada model Problem BasedLearning (PBL) terhadap pengetahuan epistemik siswa pada pembelajaran fisika materi pengaruh kalor terhadap benda. Penelitian dilakukan terhadap 65 orang siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pembelajaran yang dilakukan berkaitan dengan materi pengaruh kalor terhadap benda. Domain pengetahuan merupakan bagian dari aspek literasi saintifik berdasarkan kerangka kerja PISA 2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan yang signifikan antara siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pembelajaran model Problem BasedLearning (PBL) yang dipadukan dengan proses ResearchingReasoningReflecting (3R) lebih meningkatkan pengetahuan epistemik siswa dibandingkan dengan pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) biasa.
How to Cite
Irvani, A.I, A Suhandi, and L Hasanah. “Pengaruh Integrasi Proses Reasearching Reasoning Reflecting (3R) Pada Model Problem Basel Learning (PBL) Terhadap Domain Pengetahuan Literasi Saintifik Siswa SMA Kelas X”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (1): 33-38. Accessed December 15, 2018. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1201.