PENGEMBANGAN MODUL MULTI REPRESENTASI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Dimas Permadi, Kris Setyaningsih

Abstract


Penggunaan media pembelajaran dapat membantu penyampaian informasi.Penyampaian informasi dapat diterima dengan baik jika menggunakan multi representasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan modul multi representasiberbasis kontekstual dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan modul multi representasi berbasis kontekstual.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R & D) mengacupada Puslitjaknov (2008) yang memiliki lima tahapan yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akandikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skalakecil dan revisi produk, (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.Desain penelitian menggunakan One-Shot Case Studydengan variabel bebas penggunaan modul multi representasi dan variable terikat adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik.Modul multi representatif tersebut disusun dengan berbagai gambaran baik verbal, visual, grafik, dan audio.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan soal tes kemampuan berpikir kritis.Teknik analisis data yang digunakan dibagi menjadi tigayaitu: 1)analisis data analisis kebutuhan yang dideskripsikan, 2) analisis lembar validasi dengan menabulasi semua komponen data yangdiperoleh, mengitung skor rata-rata dari setiap komponen dan mengkategorikannya,dan 3)analisis data tes kemampuan berpikir kritis dihitung berdasarkan gain ternomalisasi.Hasil penelitian menunjukkan: 1) karakteristik modul adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang sesuai dengan komponen-komponenya dan menggunakan beragam representasi seperti ilustrasi, verbal, persamaan matematik, visual, dan audio. 2) kelayakan modul dilihat dari rata-rata nilai ideal (81,5%) ≥ nilai cut off (79,5%). 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan modul multi representasi berbasis kontekstual memiliki kriteria sedang dengan gain sebesar 0,45.


Keywords


Modul, Multi Representasi, Berpikir Kritis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED BY