ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TERMODINAMIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN SURVEY OF THERMODYNAMIC PROCESSES AND FIRST AND SECOND LAWS (STPFaSL)

  • T. Nasir
  • H. Akhsan
Keywords: miskonsepsi, pemahaman konsep, termodinamika.

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pemahaman konsep, tingkat miskonsepsi dan jenis miskonsepsi mahasiswa pada materi termodinamika. Penelitian dilakukan pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijawa dengan subjek penelitian 63 mahasiswa angkatan 2014. Data dikumpulkan menggunakan instrumen Survey of Thermodynamic Processes and First and Second Laws (STPFaSL). Metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan 1) skor pemahaman konsep mahasiswa rendah yaitu sebesar 27,66%, 2) terdapat 7,82% mahasiswa paham konsep, 27,72% mahasiswa paham konsep sebagian, 26,1% mahasiswa paham konsep sebagian disertai miskonsepsi, 4,62% mahasiswa miskonsepsi utuh dan 33,74% mahasiswa tidak paham konsep, 3) mahasiswa mengalami miskonsepsi pada seluruh konsep yang diujikan yaitu 6% konsep hukum I termodinamika, 9,5% konsep hukum II termodinamika, 3% konsep diagram P-V, 1,6% konsep proses reversibel dan 3% konsep proses ireversibel. Implikasi penelitian, dosen perlu menganalisis pemahaman konsep mahasiswa dan memilih strategi pembelajaran perubahan konseptual yang cocok untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi mahasiswa.
Published
08-02-2018
How to Cite
Nasir, T., and H. Akhsan. “ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TERMODINAMIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN SURVEY OF THERMODYNAMIC PROCESSES AND FIRST AND SECOND LAWS (STPFaSL)”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 2 (February 8, 2018): 28-35. Accessed December 13, 2018. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1631.