Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Fisika

  • Dimas Permadi UIN Raden Fatah
Keywords: Modul E-Learning, Project Based Learning (PjBL), Media Pembelajaran Fisika

Abstract

Pembelajaran bermakna menjadi kunci bagi mahasiswa calon guru untuk mempelajari dan menemukan makna dalam pembelajaran. Mahasiswa akan terbiasa melaksanakan proses pembelajaran bermakna jika dalam perkuliahan dibiasakan mengikuti pembelajaran yang bermakna. Penyediaan media pembelajaran yang dapat membiasakan mahasiswa belajar berkmana belum banyak tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik modul e-learning berbasis PjBL, (2) Mengetahui kelayakan modul e-learning berbasis PjBL untuk digunakan sebagai media belajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) mengacu pada Puslitjaknov (2008) yang dimodifikasi dengan 3 tahapan yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, dan (3) validasi ahli dan revisi. Modul e-learning tersebut disusun berdasarkan langkah pembelajaran PjBL. Teknik analisis data yang digunakan dibagi menjadi dua yaitu: 1) analisis data angket analisis kebutuhan yang dideskripsikan dan 2) analisis lembar validasi dengan menabulasi semua komponen data yang diperoleh, mengitung skor rata-rata dari setiap komponen dan mengkategorikannya. Hasil penelitian menunjukkan: 1) karakteristik modul e-learning berbasis PjBL pada materi gambar bergerak (animasi) yang memuat enam langkah utama pembelajaran PjBL, e-learning yang dimaksud dengan menyebarkan dalam bentuk on line yang merupakan bagian dari E-Learning Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang; 2) kelayakan modul dinilai berkualifikasi baik oleh penilaian ahli materi, ahli media, dan peer reviewer; kelayakan modul dilihat dari rata-rata nilai ideal (71%) ≥ nilai cut off (70,5%).   Kata kunci: modul e-learning, Project Based Learning (PjBL), media pembelajaran fisika.

References

Abdullah, Herpratiwi, Tarkono. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Interaktif Konsep Dasar Kerja Motor 4 Langkah Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tanjungkarang. Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 1 (1).

Amin. 2009. Studi Kelayakan Fasilitas Fisik dan Kemampuan Guru Dalam Menunjang Pelaksanaan Pembelajran Berbasis Teknologi Informasi di Jurusan Teknik Elektro SMK 2 Pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta.

Bell,B.F. 1995. Children’s Science, Contructivism and learning in science. Victoria: Deakin University Pers.

Borg,D. Walter, Joyce P. Gall and Meredith D. Gall. 2002. Education Research. USA: Library of Congress Cataloging in Publication Data.

Chiou, Chei-Chang., Tien, Li-Chu., Lee Li-Tze. 2014. Effects on Learning of Multimedia Animation Combined with Multideminsional Concept Maps. Elsevier Computer & Education, 80, 211 – 223

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Gava Media

Delise, Robert. 1997. Used Problem Based Learning in The Classroom. USA: Association for Supervision andCurriculum Development.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2010, Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta: Depdiknas

Global SchoolNet. 2000. Introduction to Networked Project-Based Learning. Diambil pada tanggal 10 Juli 2017 dari http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia

Johnson, E.B. 2007. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna, Terjemahan: Ibnu Setiawan, MLC: Bandung

Kukulska-Hulme, A., Pettit, J., Bradley, L., Carvalho, A., Herrington, A., Kennedy, D., & Walker, A. 2011. Mature Students Using Mobile Devices in Life and Learning. International Journal of Mobile and Blended Learning, 31(1), 18-52.

Lasmawan, Wayan. 2005. Penelitian Dasar dan Penelitian Pengembangan. Diakses 30 November 2017 dari
http://www.infokursus.net/download/0604091354Metode_Penel_Pengemb_Pembelajaran.pdf.

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Dosen. Rosda: Bandung

Neumont University.(2006).Project Based Learning. Diakses 10 Juli 2007 dari http://www.neumont.edu/future-students/bachelor-project-based-learning.html

Nurohman, Sabar. 2007. Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahamahasiswa Calon Dosen Fisika. Diakses 15 Juli 2017 dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309687/project-based-learning.pdf

Purnawan,Yudi. 2007. Deskripsi Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Diakses pada 30 September 2017 dari http://www.yudipurnawan.wordpress.com.

Purwadarminto. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Riyana, Cepi. 2007. Pedoman Pengembangan Modul Multimedia Interaktif. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia

Severinus, Domi. 2013. Pembelajaran Fisika Seturut Hakekatnya serta Sumbangannya dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa. Seminar Nasional Lontar Physics Forum. ISBN:978-602-8047-80-7

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Edi. 2001. Anatomi Buku Sekolah Indonesia. Yogyakarta: Adicitra Karya Nusa
The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. Diambil pada tanggal 10 Juli 2017 dari http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php

Winnie, S. 2009. Pendekatan Kombinasi Metode AHP dan Metode Cut Off Point pada Tahap Analisis Keputusan Perancangan Sistem Informasi Penjualan PT.X. Diakses 10 Mei 2017 dari http://eprints.undip.ac.id.
Published
14-12-2018
How to Cite
Permadi, Dimas. “Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Fisika”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 2 (December 14, 2018): 1-12. Accessed May 24, 2019. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2649.