Rancang Bangun Alat Pembuat Lapisan Tipis Metode Dip Coating Berbasis Arduino Uno

  • Ahmad Mukhsinin Universitas Jambi
  • Nehru Nehru Universitas Jambi
  • M Ficky Afrianto Universitas Jambi

Abstract

Telah dilakukan penelitian rancang bangun alat pembuat lapisan tipis metode dip coating. Tujuannya adalah merancang dan membuat alat dip coating, mengetahui fungsi waktu pencelupan, mengetahui hubungan duty cycle dengan sudut dan memperoleh kecepatan sudut yang dihasilkan. Dip coating merupakan proses dimana sebuah substrat dicelupkan ke dalam larutan kemudian diangkat secara vertikal dengan kecepatan yang konstan. Alat dip coating ini digunakan untuk mengatasi beberapa faktor dalam proses pembuatan lapisan tipis seperti waktu perendaman, kecepatan penarikan dan jumlah siklus pencelupan yang dilakukan secara manual. Arduino uno akan mengontrol semua kinerja alat yang terdiri dari motor servo, push button control dan layar LCD. Pengujian alat dip coating secara pokok yaitu pengujian waktu respons alat, pengujian nilai duty cycle pada pulse width modulation (PWM) dan pengujian kecepatan sudut. Pengujian waktu respons alat dip coating didapatkan selisih waktu rata-rata 0,3 detik, waktu respons alat sangat mempengaruhi keakuratan waktu pencelupan dan waktu penarikan. Pengujian nilai duty cycle pada pulse width modulation (PWM) dilakukan dari sudut 00 sampai sudut 1800 menggunakan osiloskop dan didapatkan nilai determinasi sebesar 0,9971%. Pengujian kecepatan sudut penarikan substrat sangat mempengaruhi hasil pelapisan pada lapisan tipis, kecepatan sudut servo pada alat ini digunakan kecepatan yang smooth dengan nilai sebesar 6,25 RPM. Semakin tinggi kecepatan penarikan substrat maka lapisan tipis yang dihasilkan lebih tebal dibandingkan dengan kecepatan yang rendah, hal ini karena peningkatan kecepatan penarikan menyebabkan larutan cair merekat pada substrat yang bergerak keatas lebih cepat menguap dan kering.

References

Arfad La. 2013, Rancang Bangun Spin Coater Untuk Penumbuhan Material Lapisan Tipis [Skripsi], Kendari: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Halu Oleo.
http://www.servodatabase.com/servo/towerpro/mg996r
Luis S J, David L M, Víctor H G, and Dabirian R. 2016. Mechanical and Electronic Systems of an Open Source Based Spin and Dip Coater. Vol. 37, No. 2.
Lei Zhao., Qing Jiang., Jianshe Lian., 2008, Visible-Light Photocatalytic Activity Of Nitrogen- Doped TiO2 Thin Film Prepared By Pulsed Laser Deposition, Applied Surface Science, 254, PP. 4620-4625. 12.
Puetz J. and Aegerter M., 2004. “Sol-Gel Technologies for GlassProducersand Users”, Springer US, pp. 37-48.
Sanjaya. H, Syukri Arief, Admin Alif, 2013, Pembuatan Lapisan Tipis Tio2 Pada Plat Kaca Dengan Metoda Dipcoating Dan Uji Aktivitas Fotokatalisnya Pada Air Gambut, Padang: Jurusan Kimia Universitas Negeri Padang dan Jurusan Kimia Universitas Andalas.
Published
14-01-2020
How to Cite
Mukhsinin, Ahmad, Nehru Nehru, and M Afrianto. “Rancang Bangun Alat Pembuat Lapisan Tipis Metode Dip Coating Berbasis Arduino Uno”. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) 3, no. 2 (January 14, 2020): 76-83. Accessed May 30, 2020. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/4117.