IMPROVING TEACHERS 'PROFESSIONALISM THROUGH ONLINE LEARNING ASSISTANCE ON LIVEBOARD BASED FOR TEACHERS OF PRABUMULIH MGMP PHYSICS

  • Melly Ariska Universitas Sriwijaya
  • Kistiono Kistiono
  • Hamdi Akhsan
  • Nilam Cahyati
  • Fitriyani Fitriyani

Abstract

Guru-guru Fisika MGMP kota Prabumulih mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi fisika yang bersifat matematis secara daring kepada siswa. Oleh karena itu, kami mengadakan pelatihan kepada guru-guru MGMP Fisika Prabumulih untuk mengenalkan  pemanfaatan aplikasi LiveBoard yang dapat digunakan dalam membantu guru untuk menjelaskan materi fisika terkhususnya materi yang berkaitan dengan rumus/matematis dan memberikan pendampingan dalam pembuatan media belajar menggunakan aplikasi tersebut. Setelah diberikannya pelatihan selama kurang lebih 2 minggu, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa guru-guru MGMP Fisika Prabumulih mengalami peningkatan dalam segi pengetahuan dan keterampilan dalam membuat media mengajar menggunakan aplikasi LiveBoard. Hal ini didukung dengan perolehan nilai rata-rata posttest guru yang jauh lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest.

References

Politeknik Negeri Malang. (2020). Panduan Pembelajaran Daring.
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa Smk Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19.
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digilib.Uinsgd.Ac.Id, 2019, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/
Sutanto, T., Ningsih, N., & Rahmawati, E. (2018). Perancangan Desain User Interface Papan Tulis Digital berbasis Tablet PC Android. 3, 1–5.
UNY. (2010). Materi 13 Mobile Learning / M-Learning. In Handout Komputer Teknologi Informasi (pp. 87–88).
Wijayanti, R., & Hasan, B. (2018). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WHITEBOARD ANIMATION. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 2407–8840.
Graham, C. R. (2006). Media Pembelajaran systems. The handbook of Media Pembelajaran: Global perspectives, local designs, 3-21.
Sari, M. (2016). Media Pembelajaran, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi. Ta'dib, 17(2), 126-136.
Staker, H., & Horn, M. B. (2012). Classifying K-12 Media Pembelajaran. Innosight Institute.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).
Published
29-06-2021
How to Cite
.