Studi Komputasi Graphical User Interfaces (GUI) Sebagai Simulasi Fisis Sederhana Pembelajaran Fisika Pada Konsep Hukum Kekekalan Energi Mekanik

  • senafis 1 unej.ac.id

Abstract

Studi komputasi sederhana ini dilakukan sejalan dengan program SDGs yang satu diantaranya memiliki tujuan menjamin kualitas pendidikan yang adil dan inklusif, serta meningkatkan kesempatan belajar seumur hidup terutama pada masa pandemi Covid-19 yang mewajibkan peserta didik untuk melakukan pembelajaran dari rumah (daring). Peneliti membuat simulasi fisis sederhana pada konsep usaha dan energi dengan melibatkan model matematika pada Matlab agar peserta didik dapat memahami konsep dengan lebih konkret. Fokus dari studi komputasi sederhana ini adalah pemanfaatan GUI sebagai metode visualisasi fisis dari fenomena sederhana gerak benda titik di sumbu vertikal. Simulasi ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meninjau perubahan energi potensial dan energi kinetik pada benda yang bergerak di sumbu vertikal dengan mengubah parameter massa dan ketinggian.  

References

AAS Project 2061. 2016 AAAS Project 2061 Science Assessment Website. USA: American Association fot the Advancement of Science.
Bastomi, Karras dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Usaha dan Energi. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya 2017. SNFP 2017-193. 
Dalaklioglu, S., Demirci, N., & Sekercioglu, A. G. (2015). Eleventh grade students Difficultis and misconceptions about Energy and Momentum concepts. International Journal on New Trends in Educations and Their Implications(6)1, 13-21.
Resnick, Halliday, Walker. 2010. Fisika Dasar Edisi 7 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Khasanah, N. 2010. Penggunaan Pendekatan Konflik Kognitif untuk Remidiasi Miskonsepsi Pembelajaran Usaha dan Energi. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Nugraha, H. A. 2014. Analisis Miskonsepsi Topik Usaha dan Energi Siswa Kelas Xi Setelah Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Simulasi Komputer. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Pedoman Belajar dari Rumah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.
Raharjo, S.T. 2016. Sustainable Development goals (SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan. SHARE: Social work journal, 6(2). 
Singh, C., & Schunn, C. D. (2009). Connecting three pivotal concepts in K-12 science state standards and maps of comceptual growth to reserach in physics education. Journal of Physics Teacher Education Online, 5(2), 16-42.
Published
29-06-2021
How to Cite
1senafis. “Studi Komputasi Graphical User Interfaces (GUI) Sebagai Simulasi Fisis Sederhana Pembelajaran Fisika Pada Konsep Hukum Kekekalan Energi Mekanik”. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) 5, no. 1 (June 29, 2021): 1-7. Accessed October 25, 2021. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8638.