Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Bandicam Untuk Pembuatan Video Presentasi Materi Yang Menarik Dan Interaktif

  • senafis 2 unej.ac.id
Keywords: Pembelajaran Online, Bandicam, Respon Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pandemi Covid 19 menyebabkan dampak perubahan yang signifikan di semua aspek kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan. Pendidikan yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka langsung, kemudian diubah menjadi pembelajaran daring. Hal ini menimbulkan permasalahan baik peserta didik maupun guru terutama dalam hal penyampaian materi pelajaran dan interaksi antara peserta didik dan guru dalam hal memahami materi pelajaran khsususnya adalah materi fisika yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut dengan penghitungan dan turunan rumus. Aplikasi pembelajaran online beberapa sudah digunakan seperti Whatshapp maupun Google Classroom. Selain itu untuk mengoptimalkan presentasi penyampaian materi, digunakan aplikasi Bandicam. Bandicam ini dapat digunakan pada semua tipe windows pada komputer maupun laptop. Selain itu aplikasi Bandicam ini juga terhubung dengan aplikasi lainnya seperti youtube, zoom,maupun windows media player. Hal ini sangat mendukung sekali dalam proses pembelajaran fisika dalam hal ini adalah materi fluida statis. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah melalui pembelajaran online dengan 2 rombongan belajar dengan 2 variabel perlakuan, selain itu dengan menggunakan penyampaian materi, penugasan online melalui google form dan kuisioner online untuk mengetahui pengaruh aplikasi Bandicam ini terhadap respon belajar dan hasil belajar siswa di masa Pandemi Covid 19. Penggunaan Aplikasi Bandicam sebagai media pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat melalui pemahaman materi fisika oleh peserta didik, selain itu penggunaan media pembelajaran bandicam ini mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dengan adanya gaya belajar yang efektif dengan media bandicam serta minat peserta didik menjadi meningkat dalam mengikuti pembelajaran fisika.

References

Arends, R I. (2012). Learning to Teach ninth edition. New York : McGraw-Hill.
Anderson, E.E dan Taraban, R. Comparasion of Recent Engineering ProblemSolving
Models.(online). ( http://www.ineer.org/Events/ICEE2008/fu ll_papers/full_paper119.pdf), diakses 18 Maret 2019.
Lovy, dkk. 2019. Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-guru di SDN 1 Ubun dengan Memanfaatkan Bandicam. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Saregar, Antomi. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PHET SIMULATION dan LKM melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol 5 No 1. 53-60
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prihatiningtyas S, Tjipto, dan Budi. (2013). Implementasi Simulasi PHET dan Kit Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA. Vol 2 No 1
Published
29-06-2021
How to Cite
2senafis. “Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Bandicam Untuk Pembuatan Video Presentasi Materi Yang Menarik Dan Interaktif”. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) 5, no. 1 (June 29, 2021): 21-27. Accessed October 25, 2021. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8688.