Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp <p>Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) telah memiliki <a title="E-ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1485138958" target="_blank" rel="noopener">E-ISSN: 2549-6158</a>. &nbsp;Jurnal ini merupakan wadah publikasi jurnal ilmiah berbasis penelitian maupun kajian teori l yang berkaitan tentang ilmu terapan fisika, teknik fisika dan pembelajaran fisika, jurnal ini juga termasuk dalam lingkup pengembangan model, metode, pendekatan pembelajaran fisika serta teknik asestment, &nbsp;dan penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari. &nbsp;Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya atau disingkat dengan JIFP merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. JIFP terbit 2 kali setahun yaitu bulan Februari dan Agustus. Visi JIPF menjadi wadah publikasi ilmiah kajian ilmu fisika dan pembelajaran fisika pada tingkat nasional dan global.</p> en-US The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. mjhoni@radenfatah.ac.id (M. Jhoni, M. Pd) mjhoni@radenfatah.ac.id (M. Jhoni, M. Pd) Thu, 08 Feb 2018 09:27:19 +0000 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH MEDAN MAGNETIK EKSTERNAL PADA TABUNG GAS HIDROGEN TERHADAP SPEKTRUM EMISI PADA EFEK ZEEMAN http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1628 <p>Telah dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui apa yang akan terjadi ketika spektrum garis emisi yang dipancarkan oleh tabung gas elektron atom hidrogen pada panjang gelombang tertentu dilewatkan dalam medan magnetik eksternal. Penelitian ini di analisis dengan cara nonkuantitatif yaitu membandingkan antara tanpa medan dan dengan medan magnetik eksternal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil, yaitu spektrum emisi dari gas hidrogen yang dilewatkan pada medan magnet eksternal maka spektrum tersebut berubah intensitasnya. Semakin besar medan magnetnya semakin besar intensitas yang dipancarkannya, hal ini menunjukan bahwa   di mana  semakin besar medan magnetik yang digunakan semakin besar pula jarak perpecahan garis spectral .</p> Didik Setyawarno, Supahar - ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1628 Thu, 08 Feb 2018 09:27:18 +0000 PENGEMBANGAN MODUL MULTI REPRESENTASI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1629 <p>Penggunaan media pembelajaran dapat membantu penyampaian informasi.Penyampaian informasi dapat diterima dengan baik jika menggunakan multi representasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan modul multi representasiberbasis kontekstual dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan modul multi representasi berbasis kontekstual.Penelitian ini menggunakan metode <em>Research and Development(R &amp; D)</em> mengacupada Puslitjaknov (2008) yang memiliki lima tahapan yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akandikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skalakecil dan revisi produk, (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.Desain penelitian menggunakan <em>One-Shot Case Study</em>dengan variabel bebas penggunaan modul multi representasi dan variable terikat adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik.Modul multi representatif tersebut disusun dengan berbagai gambaran baik verbal, visual, grafik, dan audio.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan soal tes kemampuan berpikir kritis.Teknik analisis data yang digunakan dibagi menjadi tigayaitu: 1)analisis data analisis kebutuhan yang dideskripsikan, 2) analisis lembar validasi dengan menabulasi semua komponen data yangdiperoleh, mengitung skor rata-rata dari setiap komponen dan mengkategorikannya,dan 3)analisis data tes kemampuan berpikir kritis dihitung berdasarkan <em>gain</em> ternomalisasi.Hasil penelitian menunjukkan: 1) karakteristik modul adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang sesuai dengan komponen-komponenya dan menggunakan beragam representasi seperti ilustrasi, verbal, persamaan matematik, visual, dan audio. 2) kelayakan modul dilihat dari rata-rata nilai ideal (81,5%) ≥ nilai <em>cut off </em>(79,5%). 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan modul multi representasi berbasis kontekstual memiliki kriteria sedang dengan <em>gain</em> sebesar 0,45.</p> Dimas Permadi, Kris Setyaningsih ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1629 Thu, 08 Feb 2018 09:27:18 +0000 KAJIAN SPEKTRUM GELOMBANG BUNYI REBANAH DENGAN VARIASI PUKULAN EMPAT JARI TANGAN http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1630 <p>Rebanah merupakan alat musik khas kebudayaan melayu. Kebudayaan Palembang sangat kental akan kebudayaan melayu ini yang menggunakan alat musik rebanah. Akan tetapi sangat jarang bahkan belum pernah dilakukan penelitian tentang alat musik rebanah ini, oleh karena itu penting kiranya untuk dikaji sehingga dapat memperkaya khazanah kebudayaan bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengkaji spektrum warna bunyi pada rebanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, yaitu secara langsung mencoba memvariasi daerah pinggir (#1), sedikit tengah (#2), ke tengah (#3) dan ke tengah lagi (#4) sisi rebana yang dipukul menggunakan empat jari.  Pengambilan bunyi rebanah melalui proses rekaman menggunakan software suara. Software ini dapat menampilkan bentuk gelombang terhadap waktu dan spektrum gelombang terhadap frekuensi. Untuk memperoleh grafik amplitude sebagai fungsi frekuensi  dilakukan dengan menghidupkan menu analyzer. Frekuensi-frekuensi puncak harmonik berikutnya dapat diketahui dengan menggeserkan kursor pada puncak tersebut. Frekuensi fundamental dari rebanah ini semuanya sama yaitu 188 Hz, tetapi terdapat perbedaan frekuensi pada puncak-pencak berikutnya dan jumlah frekuensi harmonik nya adalah 13, 10, 9 dan 9.</p> M. Jhoni, M. Hasbi ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1630 Thu, 08 Feb 2018 09:27:18 +0000 ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TERMODINAMIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN SURVEY OF THERMODYNAMIC PROCESSES AND FIRST AND SECOND LAWS (STPFaSL) http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1631 <p>Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pemahaman konsep, tingkat miskonsepsi dan jenis miskonsepsi mahasiswa pada materi termodinamika. Penelitian dilakukan pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijawa dengan subjek penelitian 63 mahasiswa angkatan 2014. Data dikumpulkan menggunakan instrumen <em>Survey of Thermodynamic Processes and First and Second Laws</em> (STPFaSL). Metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan 1) skor pemahaman konsep mahasiswa rendah yaitu sebesar 27,66%, 2) terdapat 7,82% mahasiswa paham konsep, 27,72% mahasiswa paham konsep sebagian, 26,1% mahasiswa paham konsep sebagian disertai miskonsepsi, 4,62% mahasiswa miskonsepsi utuh dan 33,74% mahasiswa tidak paham konsep, 3) mahasiswa mengalami miskonsepsi pada seluruh konsep yang diujikan yaitu 6% konsep hukum I termodinamika, 9,5% konsep hukum II termodinamika, 3% konsep diagram P-V, 1,6% konsep proses reversibel dan 3% konsep proses ireversibel. Implikasi penelitian, dosen perlu menganalisis pemahaman konsep mahasiswa dan memilih strategi pembelajaran perubahan konseptual yang cocok untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi mahasiswa.</p> T. Nasir, H. Akhsan ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1631 Thu, 08 Feb 2018 09:27:18 +0000 PROFIL KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU FISIKA DALAM MENDESAIN EKSPERIMEN PADA PERKULIAHAN EKSPERIMEN FISIKA 1 http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1632 <em>Kegiatan eksperimen pada pembelajaran fisika di perguruan tinggi sangat perlu dikembangkan, terutama untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mendesain eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan mahasiswa calon guru Fisika dalam mendesain eksperimen. Kegiatan desain eksperimen sangat sesuai menggunakan eksperimen yang bersifat open inquiry. Data penilaian kemampuan mahasiswa dalam mendesain eksperimen diperoleh melalui lembar observasi. Hasil observasi yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa cukup baik dalam mendesain eksperimen. Adapun penilaian skor kemampuan mahasiswa pada tujuh aspek berada pada rentang 1,58 – 1,99. Dari ketujuh aspek penilaian diperlukan peningkatan kemampuan pada aspek penentuan jenis eksperimen dan aspek penyusunan laporan eksperimen. Kemampuan mahasiswa dalam mendesain eksperimen yang cukup menonjol berada pada aspek mengidentifikasi alat/bahan dan merangkai alat serta merumuskan prosedur dan pelaksanaan eksperimen.</em> Heriansyah -, Febriyanti - ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1632 Thu, 08 Feb 2018 09:27:18 +0000