JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp <p>Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya atau disingkat dengan JIFP merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang yang telah memiliki <a title="E-ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1485138958" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN: 2614-7467</a> dan <a title="E-ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1485138958" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN: 2549-6158.&nbsp;</a>JIFP didedikasikan sebagai wadah publikasi jurnal ilmiah berbasis penelitian maupun kajian teori yang berkaitan tentang ilmu pendidikan fisika, terapan fisika, dan teknik fisika. Selain itu, JIFP ini memfokuskan penerbitan dalam lingkup jurnal pendidikan seperti pengembangan model, metode, pendekatan pembelajaran fisika serta teknik assestment, &nbsp;dan penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari. &nbsp; JIFP terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember. Visi JIFP menjadi wadah publikasi ilmiah kajian ilmu fisika dan pembelajaran fisika pada tingkat nasional dan global.</p> en-US The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. suhadi@radenfatah.ac.id (Suhadi) suhadi@radenfatah.ac.id (Suhadi, M. Si.) Tue, 29 Jun 2021 00:00:00 +0000 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penggunaan Potensial Morse untuk Menjelaskan Interaksi Dua Atom untuk Membantu Proses Pembelajaran http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8692 <p class="western" lang="id-ID"><span style="font-family: Arial, serif;"><span style="font-size: xx-small;"><span lang="en-US">Panjang ikatan atau </span></span></span><span style="font-family: Arial, serif;"><span style="font-size: xx-small;"><span lang="en-US"><em>bond length</em></span></span></span><span style="font-family: Arial, serif;"><span style="font-size: xx-small;"><span lang="en-US"> adalah jarak antara dua atom yang berikatan dalam sebuah molekul. Panjang ikatan secara umum berbanding terbalik dengan kekuatan ikatan. Namun demikian, kita tidak bisa melihat kekuatan ikatan hanya dari panjang ikatan saja, namun harus melihat energi ikatnya pula. Secara sekilas, panjang ikatan adalah konstanta yang berasal dari pengukuran empiris ataupun diperkirakan menggunakan perhitungan numerik. Pada kenyataanya, panjang ikatan yang biasa diberikan adalah nilai panjang kesetimbangan. Pada molekul nyata, panjang ikatan antara dua buah atom sangat mungkin berubah. Kita bisa memperkirakan bagaimana interaksi antara dua buah atom hanya dengan menggunakan data panjang dan energi ikat suatu atom. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan potensial Morse dengan konstantanya diisi oleh energi dan panjang ikatan atom tertentu. Sebelumnya, potensial Morse digunakan unutk menjelaskan interaksi antar atom diatomic, namun dalam artikel ini diperluas menjadi seluruh ikatan atom nonrangkap. Hasil potensial Morse yang didapat kemudian digunakan untuk mendapatkan energi interaksi serta jenis interaksi antara kedua atom. Untuk mengilustrasikannya, dituliskan program dengan Python dengan isian jenis ikatan dan jarak antaratom sembarang dan keluaran berupa potensial Morse serta jenis interaksi pada jarak tersebut. Diharapkan, penggunaan potensial Morse untuk menjelaskan interaksi antaratom cukup untuk menjelaskan bagaimana atom berikatan di dunia nyata.</span></span></span></p> senafis 3 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8692 Tue, 29 Jun 2021 08:03:11 +0000 Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Bandicam Untuk Pembuatan Video Presentasi Materi Yang Menarik Dan Interaktif http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8688 <p class="western" lang="id-ID"><span style="font-family: Arial, serif;"><span style="font-size: xx-small;"><span lang="en-US">Pandemi Covid 19 menyebabkan dampak perubahan yang signifikan di semua aspek kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan. Pendidikan yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka langsung, kemudian diubah menjadi pembelajaran daring. Hal ini menimbulkan permasalahan baik peserta didik maupun guru terutama dalam hal penyampaian materi pelajaran dan interaksi antara peserta didik dan guru dalam hal memahami materi pelajaran khsususnya adalah materi fisika yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut dengan penghitungan dan turunan rumus. Aplikasi pembelajaran online beberapa sudah digunakan seperti Whatshapp maupun Google Classroom. Selain itu untuk mengoptimalkan presentasi penyampaian materi, digunakan aplikasi Bandicam. Bandicam ini dapat digunakan pada semua tipe windows pada komputer maupun laptop. Selain itu aplikasi Bandicam ini juga terhubung dengan aplikasi lainnya seperti youtube, zoom,maupun windows media player. Hal ini sangat mendukung sekali dalam proses pembelajaran fisika dalam hal ini adalah materi fluida statis. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah melalui pembelajaran online dengan 2 rombongan belajar dengan 2 variabel perlakuan, selain itu dengan menggunakan penyampaian materi, penugasan online melalui google form dan kuisioner online untuk mengetahui pengaruh aplikasi Bandicam ini terhadap respon belajar dan hasil belajar siswa di masa Pandemi Covid 19. Penggunaan Aplikasi Bandicam sebagai media pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat melalui pemahaman materi fisika oleh peserta didik, selain itu penggunaan media pembelajaran bandicam ini mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dengan adanya gaya belajar yang efektif dengan media bandicam serta minat peserta didik menjadi meningkat dalam mengikuti pembelajaran fisika. </span></span></span></p> senafis 2 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8688 Tue, 29 Jun 2021 08:10:39 +0000 Penggunaan Aplikasi Logger Pro untuk Menentukan Nilai Viskositas Air http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8553 <p>Telah dilakukan penelitian dengan tujuan menentukan nilai faktor redaman osilasi bandul sederhana dan nilai viskositas air menggunakan tiga variasi massa dan jari-jari bandul serta dua variasi diameter wadah. Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, pemanfaatan aplikasi seperti Logger Pro dapat membantu siswa maupun pendidik untuk mendukung pembelajaran eksperimen Fisika pada meteri osilasi bandul sederhana. Metode eksperimen osilasi bandul sederhana dengan variasi bandul diletakkan pada wadah yang berisi air.&nbsp; Air merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Osilasi bandul sederhana pada wadah yang berisi air direkam menggunakan kamera DSLR dalam bentuk video kemudian dianalisis menggunakan aplikasi Logger Pro untuk memperoleh nilai faktor redaman osilasi bandul sederhana sehingga dapat dicari nilai viskositas air. Hasil yang diperoleh nilai faktor redaman osilasi bandul sederhana pada kedua wadah yaitu wadah A diperoleh γ ̅_A= 0,0475 ± 0,0003 s-1 ;&nbsp; γ ̅_B= 0,0392 ± 0,0005 s-1 ; γ ̅_C= 0,0369 ± 0,0004 s-1, sedangkan pada wadah B diperoleh γ ̅_A= 0,0520 ± 0,0004 s-1&nbsp; ; γ ̅_B= 0,0414 ± 0,0006 s-1&nbsp; ; γ ̅_C= 0,0384 ± 0,0004 s-1. Nilai viskositas air wadah A diperoleh η_A= 0,023 ± 0,005 kg/m.s2 ; η_B= 0,033 ± 0,007 kg/m.s2 ; η_C= 0,041 ± 0,009 kg/m.s2 , sedangkan pada wadah B diperoleh η_A= 0,025 ± 0,001 kg/m.s2 ;&nbsp; η_B= 0,034 ± 0,002 kg/m.s2 ; η_C= 0,043 ± 0,002 kg/m.s2. Nilai viskositas air menggunakan hukum Stokes pada penelitian lebih besar dari teori, hal ini dipengaruhi oleh wadah yang digunakan tidak jauh lebih besar dari jari-jari bandul.</p> Senafis 2020 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8553 Tue, 29 Jun 2021 08:12:43 +0000 Ability of Acoustic Materials from Banana Stems and Coconut Coirs as Noise Absorbers http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/7316 <p><em>As technology develops, it causes more and more equipment which can mostly trigger noise. Acoustic materials can be used to reduce noise because they reduce sound. The purpose of this research is to determine the sound absorption coefficient of the acoustic material from banana stems and coconut coirs. Six samples were made and tested using a resonator space to test the sound absorption coefficient. The test results reveal that the sound absorption coefficient is influenced by the thickness of the sample. The sound absorption coefficient for each sample at a frequency of 500 Hz is 0,03836; 0,02359; 0,02139; 0,01971; 0,01631; 0,01069. The best sample in this study is sample 1 which has a sound absorption coefficient of 0,03836 which is the highest compared to other samples.</em></p> Annisaaul Lathiifah ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/7316 Tue, 29 Jun 2021 08:14:10 +0000 IMPROVING TEACHERS 'PROFESSIONALISM THROUGH ONLINE LEARNING ASSISTANCE ON LIVEBOARD BASED FOR TEACHERS OF PRABUMULIH MGMP PHYSICS http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/6919 <p>Guru-guru Fisika MGMP kota Prabumulih mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi fisika yang bersifat matematis secara daring kepada siswa. Oleh karena itu, kami mengadakan pelatihan kepada guru-guru MGMP Fisika Prabumulih untuk mengenalkan &nbsp;pemanfaatan aplikasi <em>LiveBoard </em>yang dapat digunakan dalam membantu guru untuk menjelaskan materi fisika terkhususnya materi yang berkaitan dengan rumus/matematis dan memberikan pendampingan dalam pembuatan media belajar menggunakan aplikasi tersebut. Setelah diberikannya pelatihan selama kurang lebih 2 minggu, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa guru-guru MGMP Fisika Prabumulih mengalami peningkatan dalam segi pengetahuan dan keterampilan dalam membuat media mengajar menggunakan aplikasi <em>Live</em>Board. Hal ini didukung dengan perolehan nilai rata-rata posttest guru yang jauh lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest.</p> Melly Ariska, Kistiono Kistiono, Hamdi Akhsan, Nilam Cahyati, Fitriyani Fitriyani ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/6919 Tue, 29 Jun 2021 08:15:30 +0000 Testing of water turbidity using turbidity sensor based arduino http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/6916 <p><em>The water turbidity tester has designed using a turbidity sensor based on Arduino Uno to measure water turbidity levels. Testing the instrument is divided into two stages. The first stage, calibration testing using five samples symbolized by sample A-E. This sample is measured to obtain the voltage output from the water turbidity tester and the water turbidity level (NTU) from the standard tool. The results have obtained sample A (4.17 V and 3.014 NTU), sample B (4.066 V and 43.02 NTU), sample C (3.864 V and 225 NTU), sample D (3.798 V and 312 NTU), and sample E (2.49 V and 3000 NTU). This measurement value is used to calibrate the water turbidity level. In the second stage, the calibrated tools are re-tested with NTU output data. This measurement is used to calculate the relative error by comparing the data. The result shows that the smallest error rate when measuring the sample is&gt; 220 NTU with an error rate below 10%. Meanwhile, the largest error rate when measuring water turbidity is &lt;220 NTU with an error rate of above 10% to 100%.</em></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>Keyword: </em></strong><em>Arduino Uno; Turbidity Sensor; water turbidity tool.</em></p> Refpo Rahman ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/6916 Tue, 29 Jun 2021 08:17:17 +0000 Studi Komputasi Graphical User Interfaces (GUI) Sebagai Simulasi Fisis Sederhana Pembelajaran Fisika Pada Konsep Hukum Kekekalan Energi Mekanik http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8638 <p class="western" lang="id-ID"><span style="color: #000000;"><span style="font-family: Arial, serif;"><span style="font-size: xx-small;">Studi komputasi sederhana ini dilakukan sejalan dengan program SDGs yang satu diantaranya memiliki tujuan menjamin kualitas pendidikan yang adil dan inklusif, serta meningkatkan kesempatan belajar seumur hidup terutama pada masa pandemi Covid-19 yang mewajibkan peserta didik untuk melakukan pembelajaran dari rumah (daring). Peneliti membuat simulasi fisis sederhana pada konsep usaha dan energi dengan melibatkan model matematika pada Matlab agar peserta didik dapat memahami konsep dengan lebih konkret. Fokus dari studi komputasi sederhana ini adalah pemanfaatan GUI sebagai metode visualisasi fisis dari fenomena sederhana gerak benda titik di sumbu vertikal. Simulasi ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meninjau perubahan energi potensial dan energi kinetik pada benda yang bergerak di sumbu vertikal dengan mengubah parameter massa dan ketinggian.</span></span></span></p> <p class="western" lang="id-ID">&nbsp;</p> senafis 1 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/8638 Tue, 29 Jun 2021 08:19:27 +0000