Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Teknik Bercerita Berpasangan dan Ceramah di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang

Main Article Content

Fitri Puspitasari Maryamah Maryamah

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di madrasah ibtidaiyah quraniah 8 palembang dapat disimpulkan bahwa di sekolah tersebut masih menggunakan teknik yang biasa seperti ceramah dan mencatat, sehingga terlihat siswa kurang merespon terhadap apa yang disampaikan sehingga berdampak pada hasil belajar siswa itu sendiri. Oleh sebab itu pemilihan teknik yang tepat tentu akan mengembalikan semangat belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran sehingga dampaknya akan terlihat pada hasil belajar yang diinginkan, maka salah satu teknik yang dapat membantu hal tersebut adalah teknik Bercerita Berpasangan.Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa permasalahan yang akan diteliti yaitu Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan teknik bercerita berpasangan pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III di madrasah ibtidaiyah quraniah 8 palembang? Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan teknik bercerita berpasangan pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III di madrasah ibtidaiyah quraniah 8 palembang? Bagaimana perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan teknik bercerita berpasangan dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan teknik bercerita berpasangan pada mata pelajaran akidah akhlak di madrasah ibtidaiyah quraniah 8 palembang?Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen desain atau nonequivalent control group design, jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dari guru, siswa, dan kepala madrasah serta data sekunder yang bersifat penunjang dalam penelitian ini. Adapun alat pengumpul data tersebut berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.Dari hasil penelitian diperoleh, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang tuntas sebanyak 16 siswa, yang tidak tuntas 14 dengan rata-rata 74.83, kategori nilai sedang dengan nilai antara 54 dan 94. Hasil Belajar siswa kelas kontrol yang tuntas sebanyak 10 siswa, yang tidak tuntas 16 siswa dengan rata-rata 63.26, kategori nilai sedang dengan nilai antara 44 dan 81. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan rumus uji “t” dan diperoleh to sebesar 68. Perhitungan tt dengan membandingkan to baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf 5% dengan perincian 2.01<192.30>68. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi akhlak tercela di madrasah ibtidaiyah quraniah 8 palembang.

Article Details

How to Cite
Puspitasari, F., & Maryamah, M. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Teknik Bercerita Berpasangan dan Ceramah di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 2(2), 125-134. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v2i2.1071
Section
Artikel Asli