Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi PGMI Unsiq Jawa Tengah

  • Hendri Purbo Waseso Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah
  • Muhtar Sofwan Hidayat Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah
Keywords: KKNI, Kurikulum, PGMI

Abstract

Kurikulum berbasis KKNI relatif baru dan tidak sedikit dari perguruan tinggi Indonesia yang menghadapi hambatan-hambatan dalam penerapannya sehingga capaian pembelajaran yang seharusnya dimiliki oleh mahasiswa menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum berbasis KKNI pada program studi PGMI FITK UNSIQ. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling sebagai informan yaitu ketua prodi, dosen, mahasiswa di Prodi PGMI UNSIQ Jawa Tengah. Analisa data menggunakan teknik Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan dalam penerapan kurikulum berbasis KKNI prodi PGMI yaitu dokumen kurikulumnya baru sampai tahap penentuan bahan kajian, sumber daya manusianya (dosen) baru dilakukan konsorsium dosen PGMI UNSIQ, sarana prasarana yang dimiliki sudah disiapkan secara baik. Penerapan kurikulum berbasis KKNI prodi PGMI yaitu Perencanaan yang dilakukan dosen belum sepenuhnya mengacu pada kurikulum berbasis KKNI, pelaksanaan pembelajaran sudah berorientasi pada student center learning. Jika dilihat dari peran dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran yang sudah dilakukan belum berjalan efektif, dan penilaian pembelajaran sudah memenuhi tiga aktivitas dasar penilaian yaitu dosen memberi tugas, mahasiswa menunjukkan kinerjanya, dinilai berdasar kriteria dan instrument yang telah dibuat. Khusus untuk instrument penilaian tidak dimiliki oleh semua dosen.
Published
30-08-2017